Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Empat Kecamatan Di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat Masih Terendam Banjir

KALIMANTAN, HOLOPIS.COM – Pasca banjir yang terjadi di Kabupaten Sintang beberapa hari lalu, sampai saat ini masih menyebabkan empat kecamatan di kabupaten tersebut masih terendam banjir.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan kondisi terkini di Kabupaten Sintang, tinggi air masih relatif tinggi dan merendam rumah warga.

“Sebanyak 26 desa yang tersebar di empat kecamatan masih terdampak banjir. Tinggi muka air di Kawasan hilir masih setinggi 200 cm. Sedangkan di hulu, TMA turun setinggi 100 cm, ” kata Abdul dalam siaran pers, Jumat (16/7).

Banjir diketahui dipicu oleh hujan berintensitas tinggi. Saat banjir terjadi, tinggi muka air teramati antara 2 hingga 3 meter.

Abdul juga menjelaskan sebanyak 13 desa terdampak di Kecamatan Kayan Hulu. Desa terdampak yaitu Desa Nanga Masau, Merah Arai, Tanah Merah, Lintang Tambok, Empakan, Topan Nanga, Nanga Tebidah, Entegong, Landau Bara, Kebarau, Tanjung Bunga, Emponyang dan Nanga Payak

Sedangkan di Kecamatan Kayan Hilir, sebanyak 13 desa terdampak banjir ini. Ketiga belas desa tersebut antara lain Desa S. Buaya, Neran Baya, Melingkat, Kempas Raya, Buluk Panjang, Pelaik, Tanjung Putar, Nyangkom, Tuguk, Landau Beringin, Lalang Inggar, Pakak dan Sungai Meraya.

“Dua kecamatan lain yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Serawai dan Dedai. BPBD Kabupaten Sintang masih melakukan pendataan desa-desa terdampak di dua kecamatan ini, ” imbuhnya.

Ditambahkan Abdul, dari laporan terakhir, setidaknya sebanyak 751 KK terdampak banjir di Kecamatan Kayan Hilir dan 377 jiwa mengungsi. Data ini juga masih terus berkembang menunggu pendataan lebih lengkap dari lapangan. Dari pendataan sementara, banjir juga menyebabkan kerugian material berupa 751 unit rumah terendam.

“Sebagian wilayah terdampak banjir tersebut merupakan area yang sulit diakses. Hal tersebut disebabkan alur sungai sangat sempit dan arus air sungai sangat deras, ” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru