Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Soal PPKM Darurat, PKS Harap Pemerintah Punya Sistem Monitoring Akurat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mengharapkan agar pemerintah memiliki sistem monitoring yang lebih akurat untuk mengukur tingkat efektifitas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat).

Apalagi, ia mendapati informasi adanya lonjakan kasus Covid-19 justru sepanjang PPKM Darurat diberlakukan.

“Efektifkah PPKM Darurat? Jika ingin berhasil, kita mesti punya sistem monitoring yang akurat, baik dan berbasis data ilmiah,” kata Mardani, Rabu (14/7).

Ia meminta agar semua pergerakan masyarakat benar-benar bisa dipantau secara menyeluruh. Apakah benar masa PPKM semua aktifitas masyarakat terhenti, sehingga potensi interaksi antar penduduk tidak terjadi.

Kemudian jika memang aktifitas publik terbatasi, bagaimana dengan laju angka kasus penularan Covid-19.

Dua faktor itu menurut Mardani harus diperhatikan dan dikaitkan dengan baik sehingga akan ketemu efektifitas PPKM yang diberlakukan oleh pemerintah.

“Salah satu cara yang kerap diusulkan para ahli, menganalisis pola pergerakan penduduk pada saat ada pembatasan sosial yang kemudian mengakibatkan penurunan mobilitas penduduk dan dihubungkan dengan penurunan jumlah kasus dari hari ke hari,” tuturnya.

Bagi Mardani, kaidah-kaidah ilmiah harus dikedepankan untuk memaksimalkan pengambilan kebijakan.

“Cara-cara saintifik memang perlu diterapkan agar bisa memenuhi kaidah proses pengambilan keputusan berbasis data dan memberi dampak maksimal,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru