Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mantan Presiden di Penjara, 72 Orang Tewas Dalam Kerusuhan di Afrika Selatan

AFRIKA SELATAN, HOLOPIS.COM – Tentara dan polisi Afrika Selatan tengah berjuang untuk memulihkan ketertiban di beberapa bagian Afrika Selatan, ketika polisi mengatakan jumlah orang yang tewas dalam beberapa hari protes dan penjarahan meningkat menjadi setidaknya 72 orang dalam beberapa kekerasan terburuk yang pernah terjadi di negara itu selama bertahun-tahun.

Aksi protes terjadi pada pekan lalu saat mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, 79, menyerahkan diri kepada pihak berwenang untuk menjalani hukuman penjara 15 bulan karena penghinaan terhadap pengadilan.

Ia telah menolak untuk hadir di komisi anti-korupsi untuk menghadapi beberapa tuduhan, termasuk penyuapan dan penipuan, yang telah berulang kali dia bantah.

“10 orang yang tewas di antara mereka yang tewas dalam kekerasan terinjak-injak di kotapraja Soweto,” ucap juru bicara Kementerian Kepolisian Lirandzu Themba. Lebih dari 1.200 lainnya telah ditangkap di provinsi KwaZulu-Natal.

Selama hampir seminggu, pengunjuk rasa dan penjarah telah membakar mal dan bentrok dengan polisi, yang telah membalas dengan peluru karet dan sekarang sangat kewalahan sehingga militer pun dikerahkan untuk membantu mereka.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru