Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Bangga Berkulit Sawo Matang, Aurelie : Udah Tahun 2021 Cuy! Kenapa Sih Colorism Masih Harus Ada

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Si cantik berkulit eksotis, Aurelie Alida Marie Moeremans atau yang dikenal sebagai Aurelie Moeremans mengaku bangga memiliki warna kulit sawo matang.

Dalam akun instagramnya, Aurelie menyoroti diskriminasi warna kulit atau colorism yang menjadi tolak ukur kecantikan di Indonesia. Banyak orang beranggapan wanita cantik adalah yang berkulit putih, sedangkan warna kulit ‘hitam’ atau sawo matang disebut dekil.

“Stigma lebih putih lebih menarik harus berubah sih..” ujar Aurelie.

Aurelie juga menjabarkan stereotype ini tumbuh sejak masa pra-kolonialisme (Penggalan cerita Ramayana: “Dewi Sita memiliki wajah yang cantik dengan kulit yang putih terang dang bercahaya.”) kemudian terus tumbuh hingga masa kolonialisme belanda. (Kita dijajah oleh bangsa asing dan akhirnya itu menciptakan adanya ras superior & inferior) yang dilanjutkan oleh Jepang (Kulit putih diidamkan orang Jepang & akhirnya orang Indonesia juga).

“Kita bareng-bareng kasih tau mereka semua betapa colorism itu NGGA ASIK!” kata Aurelie gemas sembari bercerita pengalaman yang digambarkan pada video “bercandaan” Omnya yang memanggil dia monyet karena kulitnya hitam. Pengalaman ini juga yang membuatnya merasa insecure dan bertanya “apa iya aku kayak monyet karena kulit aku lebih gelap?”.

Foto Aurelie kecil (@aurelie)
Foto Aurelie kecil (@aurelie)

Warganet pengikut akun instagram @aurelie ini pun merespon pertanyaan di instagram story Aurelie tentang “Cantik harus putih?! Really?” dengan berbagai cerita pengalaman mereka terhadap diskriminasi warna kulit ini.

“Aku item. Dibuly sama keluarga sendiri, sama temen sekolah juga. Katanya udah jelek item idup lagi.” jawab salah satu akun pengikut @aurelie.

Aurelie juga menjabarkan perbedaan kehidupannya saat di Belgia di mana di sana justru masyarakatnya ingin punya kulit tanned atau sawo matang.

“Di sana kulit-kulit Indonesia gini tuh spesial banget.. Di luar banyak banget yang pergi ke salon untuk dapet fake tan biar punya kulit seperti kulit orang Indonesia.. Lebih tanned lebih bagus..” katanya.

Ditambahkan Aurelie, “Please deh.. You’re beautiful just the way you are.. #BEAUTY IS NOT DEFINED BY COLOR..”

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Nikita soal Loly Masuk KK Lagi : Nggak Penting!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nikita Mirzani memberikan respons soal kemungkinan...

Nikita Mirzani Soal Vadel Kabur : Saya Penjarakan Semuanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nikita Mirzani secara terang-terangan mengaku jengkel...

Visum Loly Tak Maksimal, Nikmir : Dia Lagi Mens

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Nikita Mirzani Mawardi (Nikmir) membuat heboh...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru