Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pasien Isoman COVID-19 di DKI Bisa Dapat Vitamin dan Obat Gratis, Begini Caranya

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kementerian Kesehatan mengatakan pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan bisa mendapatkan telemedicine secara gratis.

Terdapat paket obat hingga vitamin yang disediakan untuk pasien Corona isolasi mandiri.
Seluruh warga bisa mendapatkan akses telemedicine gratis dari kerja sama Kemenkes RI dengan 11 start-up. Namun, warga yang ingin mendapatkan akses tersebut harus memastikan melakukan tes COVID-19 di lab yang sudah terafiliasi Kemenkes RI.

“Masyarakat diimbau untuk melakukan pemeriksaan swab antigen hanya di lab yang terafiliasi dengan Kemenkes untuk memastikan (keasliannya). Jangan ambil dari luar,” tutur Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Senin (5/6/2021).

Telemedicine gratis ini akan mulai berlaku Selasa (6/6/2021), di DKI Jakarta bagi pasien Corona OTG dan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut beberapa kriteria seperti berikut wajib menjalani isolasi mandiri.

  1. Tidak ada komorbid

  2. Tidak ada riwayat sesak nafas

  3. Positif Corona dengan saturasi oksigen di atas 95 persen

“Mulai besok 6 Juli semua pasien bisa mendapatkan akses dan pelayanan RS bisa kita prioritaskan untuk pasien gejala berat dan kritis,” sambung menkes.

Adapun paket yang disediakan adalah paket A dan paket B. Paket A berisi multivitamin untuk pasien Corona tanpa gejala, pasien B menerima paket obat-obatan meliputi:

  1. Multivitamin
  2. Paracetamol
  3. Oseltamivir
  4. Azitromisin

Untuk pasien isolasi mandiri yang mendapatkan obat-obat keras seperti antivirus dan antibiotik, akan ada konsultasi terlebih dahulu melalui telemedicine.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru