JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mantan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa dampak buruk pandemi saat ini semakin meluas.

Bahkan kesulitan yang dirasakan oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang terdampak langsung maupun tidak langsung akibat Covid-19.

“Pandemi kian dahsyat kini. Banyak masjid diperkirakan tak adakan shalat Idul Adha dan pembagian daging qurban tahun ini,” kata Lukman, Jumat (2/7).

Ia pun menyarankan kepada semua orang yang terbiasa berqurban di momentum Hari Raya Iduladha, agar bisa menyalurkan kemampuan finansialnya itu untuk mereka yang terdampak pandemi.

“Bagi yang terbiasa ber-qurban, mari salurkan bantuan ke sekitar kita, khususnya ke mereka yang terdampak akibat Covid-19,” ujarnya.

Saran Lukman ini pun diamini oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Muhammad Cholil Nafis.

“Setuju. Insya Allah pahalanya pun tak jauh berbeda,” kata Kiai Nafis.

Ia menyarankan agar sedekah tersebut diniatkan untuk berbagi secara khusus kepada mereka yang terdampak Covid-19 sebagai bentuk solidaritas.

“Niatkan berbagi kepada sesama yang terdampak Covid-19 untuk solidaritas, berbagi dengan yang membutuhkan dan ikhlas karena Allah SWT,” imbuhnya. (MIB)