JAKARTA, HOLOPIS.COM – Varian delta saat ini menjadi salah satu varian virus corona terdeteksi di Indonesia yang paling mengkhawatirkan. Meskipun data mengenai apakah virus ini lebih berbahaya masih belum lengkap, namun dipastikan virus ini jauh lebih mudah menular daripada corona varian awal saat pertama kali masik ke Indoneisa pada tahun 2020 lalu.

Jubir Vaksinasi Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan dalam program Ruang Tamu Holopis.com, bahwa varian ini bisa menular hanya dalam kurun waktu 10-15 detik, dimana varian sebelumnya membutuhkan waktu menular yang lebih lama yaitu sekitar 15-20 menit.

Jika varian sebelumnya menular melalui droplet dari penderita, varian delta dapat menular antara seseorang hanya dari berpapasan atau berada di ruangan yang sama. Siti Nadia Tarmizi pun mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker berlapis yang sangat ampuh melindungi diri dari varian delta yang pertama kali ditemukan di India ini. Lalu bagaimana cara mengenakan masker double yang tepat?

Masker Medis Di Lapisan Dalam, dan Masker Kain di Lapisan Luar

WhatsApp Image 2021 07 01 at 11.25.20
Masker dua lapis agar terlindungi dari Varian Delta hingga 95%

Jika sebelumnya masyarakat mengenakan masker sesuai dengan selera atau kenyamanan antara masker medis atau kain, sekarang masyarakat diimbau untuk mengenakan keduanya. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kenakan masker medis di lapisan awal dan kain di lapisan luar agar mendapatkan perlindungan maksimal namun tetap nyaman dikenakan,

“Kenakan masker medis di lapisan awal lalu kain di lapisan luar. Hal ini agar kenyamanan tetap ada. Karena jika masker kain dua lapis, atau medis dua lapis dikhawatirkan pengguna akan kesusahan dalam bernapas” jelas Siti Nadia Tarmizi ekskulif dalam program Ruang Tamu Holopis.com.