JAKARTA, HOLOPIS.COM – India saat ini mulai dibuka kembali, setelah gelombang kedua infeksi Covid-19 menghancurkan negara tersebut pada bulan April dan Mei lalu. Meski demikian, para ahli memperingatkan bahwa gelombang ketiga bisa menyerang India dalam beberapa bulan ke depan.
Pengadilan telah mempertanyakan pemerintahnya perihal kesiapan mereka. Ditambah lagi, para ahli telah memberi peringatan bahwa gelombang ketiga dapat terjadi dalam jangka waktu 12 hingga16 minggu. Varian baru juga dikhawatirkan dalam prediksi gelombang ketiga ini, salah satunya seperti Delta plus yang diketahyu dapat melemahkan vaksin yang sudah ada.
Varian baru virus corona, Delta plus memiliki keterkaitan dengan varian Delta. Kedua varian tersebut yang menyebabkan gelombang kedua India yang mematikan.
Namun seberapa realistiskah ketakutan ini? Gelombang berikutnya memang sudah terprediksi, namun tingkat keparahannya dan penyebarannya bergantung pada sejumlah faktor.
Protokol keselamatan Covid
Jumlah kasus harian rata-rata di India telah turun menjadi lebih dari 50.000 dalam beberapa hari terakhir, angka tersebut turun dari puncak, sebanyak 400.000 pada bulan Mei. Penurunan jumlah sebagian besar disebabkan oleh penjagaan ketat oleh negara bagian.