Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Vaksin Sinovac Klaim Efektif Mengurangi Gejala COVID-19 Varian Delta

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Vaksin tidak 100 persen dapat memberikan perlindungan, melainkan dapat mengurangi gejala infeksi dan efektif mencegah kematian.
Sinovac menyatakan vaksin Coronavac buatannya tetap efektif untuk mengurangi gejala pasien yang terserang Covid-19 varian Delta di Indonesia.
Pernyataan tersebut merespon kabar terinfeksinya 350 dokter dan petugas medis, meskipun dokter-dokter tersebut telah mendapatkan vaksin buatan Sinovac.
Juru Bicara COVID-19 dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan WHO memberikan cutt off poin lebih dari 50 persen untuk efikasi vaksin. Adapun, Sinovac efikasi mencapai 65 persen dan Astra Zeneca 62 persen, sehingga memberikan proteksi yang cukup, termasuk terhadap varian baru.
“Rekomendasi WHO pun masih diminta semua negara melakukan percepatan vaksinasi dengan vaksin yang ada,” ujar tarmizi kepada wartawan.
Efikasi dari vaksin ini, berbeda di beberapa negara.
Mengutip dari The Conversation (23/6), kemanjuran Sinovac dalam mencegah infeksi simtomatik adalah 51 persen di Brasil, 67 persen di Chili, 65 persen di Indonesia, dan 84 persen di Turki.
Perbedaan hasil mungkin disebabkan oleh perbedaan varian yang beredar di setiap negara pada saat itu dan perbedaan populasi yang termasuk dalam penelitian.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru