Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Penawaran Pinjol Melalui SMS/WA adalah Ilegal

JAKARTA, HOLOPIS.COM- Masyarakat perlu waspada dengan maraknya pinjaman berbasis online (pinjol) ilegal yang meresahkan belakangan ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan, mengimbau masyarakat untuk langsung menghapus pesan dan memblokir nomor telepon yang menawarkan pinjaman online lewat SMS atau pesan singkat lainnya.
Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot memastikan, tawaran pinjaman online melalui SMS atau pesan singkat lainnya datang dari pinjol tak berizin atau ilegal.
“Penawaran pinjaman via SMS atau WhatsApp adalah ciri pinjol ilegal,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (22/6).
OJK juga menyampaikan fintech lending atau pinjaman online (pinjol) yang terdaftar dan berizin di OJK tidak diperbolehkan menawarkan pinjaman melalui saluran komunikas pribadi, baik SMS ataupun pesan instan pribadi lainnya tanpa persetujuan konsumen.
Untuk mengecek legalitas pinjol yang terdaftar dan berizin di OJK bisa melalui https://bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau melalui kontak OJK 157 melalui telepon 157, whatsapp 081157157157 atau email [email protected]. (RPG)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru