Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Perlunya Konsistensi Kebijakan untuk Menekan Risiko Penularan COVID-19

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono mengatakan, dalam mencegah penularan virus COVID-19 dibutuhkan kesadaran dari setiap individu.
Apabila setiap individu konsisten menerapkan protokol kesehatan dan juga 3 M maka dapat menekan risiko penularan virus mematikan tersebut.
“Virus itu tidak melakukan apa-apa, yang melakukan itu adalah manusia. Makanya perilaku manusianya, kalau 3 M konsisten memakai masker kemana-mana dia pergi, hindari kerumunan dan jaga kebersihan dgn cuci tangan, itu bisa menekan risiko penularan,” kata Pandu dalam program Ruang Tamu Holopis.com, Selasa (22/6).
Pandu menilai, dalam menekan risiko penularan COVID-19 memerlukan konsistensi dari pemerintah. Dirinya mencontohkan saat mudik dilarang namun tempat wisata justru dibuka.
“Ini kan sama-sama terjadi interaksi dengan manusia. Keinkonsistensian kebijakan ini membantu penularan berlangsung. Ini yang saya sebut herd stupidity,” ujarnya.
Dikatakan oleh Pandu, virus COVID-19 mudah sekali penularannya. Perilaku manusia sangat menentukan dalam mencegah penularan virus COVID-19 tersebut.
“Jadi penularan terjadi karena ada interaksi dengan manusia,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru