Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

PMI Kekurangan Stok Darah di Zona Merah Covid

JAKARTA, HOLOPIS.COM Palang Merah Indonesia (PMI) mengakui bahwa stok darah khususnya semenjak era pandemi Covid-19 mengalami penurunan drastis.
Hal ini seperti yang diutarakan oleh Ketua Bidang Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) dr Linda Lukitari Waseso.
“Sebelum pandemi 92 persen. Tapi sejak 2020 bulan Maret memang ketersediaan darah turun drastis,” kata dr Linda saat melakukan dialog di dalam talkshow #RuangTamu Holopis.com dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Senin (14/6).
Disebutnya, bahwa sebelum pandemi melanda, PMI DKI Jakarta saja kata dr Linda, bisa mengumpulkan darah hingga 1.000 kantong per hari. Namun di era pandemi, setengahnya pun belum tentu tercapai.
“Sebelum pandemi 1.000 kantong. Sejak pandemi, kita hanya 300 kantong, sehingga ketersedian jauh berkurang,” jelasnya.
Kekurangan stok darah ini karena rendahnya pendonor melalukan donor darah. Hal ini karena adanya pembatasan sosial dari pemerintah untuk menghalau penularan Covid-19.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru