Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Indonesia dan China Memperdalam Kerjasama di Bidang Pertukaran Budaya dan Maritim

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hubungan antara Pemerintah Indonesia dan China sudah diketahui berjalan baik. Terlebih dalam menangani pandemi Covid-19, Indonesia dan China terlibat bersama atas pembuatan vaksin Sinovac.
Indonesia dan China jelas membangun hubungan bilateral yang sangat potensial. Melihat hal tersebut, Pemerintah Indonesia dan China akan membentuk kerja sama dialog tingkat tinggi yang komprehensif. Pembentukan ini terjadi dalam dialog tingkat tinggi antara kedua negara pada Sabtu (5/6) lalu.
Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri China, pada Selasa (8/6), pertemuan perdana dialog tingkat tinggi Pemerintah Indonesia dan China dipimpin oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.
Keduanya menyetejui nota kesepahaman antara China dan Indonesia tentang pembentukan mekanisme kerja sama dialog tingkat tinggi dan nota kesepahaman antara China dan Indonesia tentang penguatan kerja sama maritim.
Pemerintah China melalui Yi mengatakan Indonesia merupakan negara berkembang utama dan cukup penting. China selalu memandang hubungan China dan Indonesia dari perspektif strategis dan mengembangkan kerja sama kedua negara dari perspektif global.
“Sejak tahun lalu, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo telah empat kali berbicara melalui telepon untuk membahas kerja sama bilateral dalam memerangi pandemi dan pembangunan,” ungkap Yi.
Kerjasama dalam hal vaksinasi juga berjalan lancar.
“Kedua belah pihak telah lebih jauh menyelaraskan strategi pembangunan, bersama-sama mempromosikan kerja sama pembangunan dan memberikan kontribusi dorongan untuk pemulihan ekonomi regional,” ujar Yi.
“Kedua belah pihak harus mengambil pembentukan mekanisme kerja sama dialog tingkat tinggi China-Indonesia sebagai peluang untuk merencanakan kerja sama bilateral dengan lebih baik di berbagai bidang,” jelas Yi.
Dialog tingkat tinggi perdana, antara Indonesia dan China menetapkan kerja sama jangka panjang yang fokus pada sektor politik, perdagangan, investasi, pertukaran antar manusia dan budaya, kerja sama maritim, kerja sama anti epidemi, serta kesehatan masyarakat.
Luhut sependapat, dan mengatakan kerja sama Indonesia dan China di berbagai menunjukkan tingkat kemajuan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, kedua negara harus meningkatkan kerja sama dan mendorong kemajuan baru dalam hubungan bilateral Indonesia-China.
“Pembentukan mekanisme kerja sama dialog tingkat tinggi Indonesia-China akan memberikan platform untuk dialog yang lebih erat antara departemen pemerintah kedua negara dan memberikan dukungan baru untuk kerja sama yang lebih efektif antara kedua negara,” ungkap Luhut.
Beberapa proyek Indonesia dan China, seperti kereta cepat Jakarta-Bandung dan Taman Kembar Dua Negara dinyatakan berjalan lancar. China juga menjadi mitra dagang terbesar Indonesia dalam 10 tahun terakhir dan menjadi sumber investasi terbesar kedua di Indonesia.
Indonesia dan China, kata Luhut, akan mendorong penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Kerja sama di sektor perikanan, perdagangan dan investasi, kesehatan masyarakat, penerbangan, ruang angkasa dan maritim, serta memperkuat pertukaran budaya akan diperdalam.
“Indonesia siap memperkuat pertukaran budaya dengan China untuk membantu masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional lebih memahami perkembangan dan kemajuan Xinjianga Chin,” jelas Luhut. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru