JAKARTA, HOLOPIS.COM Pengkampanye iklim dan energi Greenpeace Indonesia, Didit Haryo Wicaksono berharap besar pemerintah pusat menghadirkan kebijakan yang kuat untuk memastikan pelestarian lingkungan.
“Greenpeace dan teman-teman koalisi menggugat pemerintah untuk membuat aturan atau UU yang mengatur soal lingkungan agar lebih baik lagi,” kata Didit dalam program RuangTamu di Holopis.com, Sabtu (5/6).
Ia mengingatkan, bahwa lingkungan yang sehat jelas memiliki dampak domino yang sangat positif bagi seluruh sektor yang ada. Khususnya bagi kesehatan masyarakat.
“Kalau lingkungan baik akan berdampak pada kesehatan masyarakat yang lebih baik. Jadi akan ada banyak efek domino sebenarnya,” ujarnya.
“Makanya kita dorong agar pemerintah membuat aturan yang kuat dan mengikat untuk mengendalikan kualitas lingkungan kita,” sambungnya.
Selain itu, Didit juga berharap agar pemerintah fokus pada penggunaan energi terbarukan dibanding energi-energi berbasis fosil seperti batubara. Apalagi sampai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PTLU).
“Beralih ke energi terbarukan dan investasikan banyak ke sana, jangan ada lagi pembangunan PLTU baru,” terangnya.
Di sisi lain, ia juga menyebut bahwa pemerintah bisa mengambil peran besar untuk mengendalikan itu. Yakni membuat regulasi agar para pengusaha tambang dan perkebunan agar mengembalikan fungsi lahan yang pernah digarap.
“Wilayah-wilayah yang sebelumnya hutan sudah dicaplok untuk perkebunan dan pertambangan, kita paksa mereka kembalikan lahan itu jadi hutan lagi. Karena ini keuntungan bukan ke masyarakat tapi ke perusahaan,” tuturnya. (MIB)