Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Belanja Daring Mudah, Aman, dan Nyaman dengan Dompet Digital

Dalam webinar ini, Felix menyampaikan materi bertajuk “Cerdas Bertansaksi dengan Dompet Digital”. Ia menuturkan, literasi digital erat kaitannya dengan inklusi keuangan. Di era teknologi saat ini, harus diakui bahwa sejumlah kawasan di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) masih belum terhubung dengan layanan keuangan. Oleh karena itu, peran dompet digital menjadi penting bagi tercapainya target inklusi keuangan 99 persen di 2024.
Masyarakat yang tidak punya akses ke perbankan akan kesulitan dalam transaksi keuangan sehari-hari. Mereka juga tidak dapat kesempatan memperbesar bisnis, sebab akses perbankan erat sekali hubungannya dengan capital atau permodalan.
Dalam kesempatan tersebut, Felix memberikan kiat aman bertransaksi dengan dompet digital. Pertama sekali yang harus diperhatikan adalah aplikasinya sendiri. Aplikasi yang digunakan sebaiknya adalah aplikasi yang sudah memiliki lisensi-lisensi yang ditetapkan oleh regulator. Kedua, harus waspada terhadap segala tindakan yang dilakukan saat menggunakan aplikasi dompet digital.
“Ketiga, sandi, kode, dan seluruh informasi yang menjadi kerahasiaan pribadi hanya kita yang tahu, dan pastikan tidak membagikannya ke orang lain. Keempat, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan segera hubungi pusat bantuan yang disediakan oleh aplikasi dompet digital,” kata Felix.
Sementara itu, Nitro menambahkan materi berjudul “Memahami Aturan Bertransaksi dengan Dompet Digital” yang membahas tentang tips menggunakan dompet digital. Pertama, tentukan batas saldo untuk masing-masing dompet digital.
“Kedua, lakukan penambahan dana (top-up) sekaligus dalam jumlah yang dianggarkan untuk menghemat biaya top-up, atau manfaatkan biaya transfer gratis dari bank tertentu,” kata Nitro. Ketiga, hindari menggunakan fasilitas bayar nanti atau pay-later.
Lebih dari itu, Nitro meminta penyelenggara dompet digital senantiasa meningkatkan proteksi keamanan data pengguna. Dari sisi pengguna sendiri diharapkan dapat menjaga keamanan data pribadi. Caranya dengan melindungi piranti pribadi dengan sandi atau ID sentuh. Buatlah PIN dompet digital yang tidak mudah ditebak (hindari menggunakan tanggal lahir atau angka berturutan).
“Terakhir, hati-hati dengan social engineering. Jangan pernah membagikan sandi atau kode verfikasi OTP yang diterima di piranti elektronik atau gawai kepada siapa pun,” ucap Nitro.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru