Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPT KAI Viral di Twitter Akibat Rugi Rp303 Miliar

PT KAI Viral di Twitter Akibat Rugi Rp303 Miliar

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hashtag PT KAI menjadi trending topic di media sosial Twitter Indonesia pada hari ini.
Trending ini bukan karena pencapaian yang moncer oleh perusahaan plat merah itu, malah kebalikannya. PT KAI menjadi viral di Twitter akibat mengalami kerugian yang cukup besar.
Menduduki peringkat pertama trending di Indonesia di media sosial Twitter, sudah ada sebanyak 1.828 tweet diposting oleh para mengguna media sosial tersebut.

PT KAI Trending di Twitter
Tangkapan Layar, PT KAI Trending di Twitter

Kinerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI pada awal tahun ini masih tertekan akibat pandemi Covid-19. Pada kuartal I-2021, BUMN perkeretaapian itu rugi Rp303 miliar.
Dalam laporan keuangan KAI tidak diaudit (unaudited) yang dikutip Minggu (2/5), pendapatan perseroan turun cukup signifikan. Dalam tiga bulan pertama tahun ini, pendapatan KAI tercatat Rp3,4 triliun, turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp5,3 triliun.
Pendapatan angkutan sebagai sumber utama turun, baik angkutan penumpang maupun barang. Pendaptan angkutan penumpang turun dari Rp1,9 triliun menjadi Rp440 miliar. Kelas ekonomi dengan porsi terbesar turun dari Rp1 triliun menjadi Rp275 miliar.
Untuk pendapatan angkutan, penurunan tak terlalu curam dari Rp1,74 triliun menjadi Rp1,54 triliun. Pendapatan KAI dari sektor ini masih didominasi batu bara Rp1,25 triliun.
Penurunan pendapatan itu membuat laba bruto KAI anjlok cukup dalam dari Rp1,15 triliun menjadi Rp363 miliar. Alhasil, laba usaha perseroan turun dari untung Rp514 miliar menjadi rugi Rp210 miliar.
Penurunan pendapatan dan laba usaha membuat KAI mencatat rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk Rp315 miliar. Padahal periode yang sama 2020, KAI membukukan laba bersih Rp276 miliar. (MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.