Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Jamur Putih Ancam Pasien Covid di India, Berisiko Buta

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Setelah mengalami lonjakan kasus jamur hitam pada pasien Covid-19, India kini menghadapi kekhawatiran baru yakni kemunculan infeksi jamur putih atau kandidiasis.
India Today melaporkan kasus jamur putih terdeteksi di Mau, Uttar Pradesh, India. Seorang laki-laki berusia 70 tahun yang telah sembuh dari Covid-19 ditemukan terinfeksi jamur putih.
Dokter Spesialis Mata Kshitij Aditya mengatakan, pria lansia tersebut rutin menggunakan steroid semenjak sembuh dari Covid-19. Akibatnya muncul floaters atau bayangan benda pada mata yang bisa menyebabkan kebutaan.
“Pasien konsisten menggunakan steroid setelah keluar dan mengembangkan floaters pada mata dan kehilangan penglihatan secara bertahap. Setelah biopsi vitreousnya, infeksi jamur putih dipastikan,” kata Kshitij.
Pasien Covid-19 dengan diabetes, atau orang dengan diabetes mempunyai risiko mengembangkan infeksi jamur putih.
Empat kasus jamur putih juga terdeteksi di sebuah perguruan tinggi kedokteran di Patna, India. Daerah ini juga dilaporkan mengalami lonjakan kasus Covid-19 sebelumnya.
Kepala Mikrobiologi di Patna Medical College and Hospital, Dokter S N Singh mengatakan bahwa empat orang yang terinfeksi jamur putih tersebut tidak mengidap Covid-19, namun menunjukkan gejala mirip Covid-19.
“Setelah jamur putih terdeteksi, pasien diobati dengan obat anti jamur dan kondisinya membaik,” kata Singh.
Meski belum ditemukan kasus jamur putih lainnya di India, para dokter dan pejabat kesehatan merasa prihatin dengan kehadiran infeksi jamur.
Infeksi jamur menjadi ancaman baru bagi negara yang sedang dilanda gelombang kedua Covid-19 itu.
“Para pejabat menyuarakan keprihatinan bahwa infeksi jamur lebih mudah menyebar daripada jamur hitam ke bagian tubuh lain termasuk kuku, kulit, perut, ginjal, dan mulut,” kata seorang dokter di India, melansir Independent.
Pasien Covid-19 India sebelumnya harus berjibaku dengan jamur hitam atau mukormikosis yang lebih agresif menyerang daya tahan tubuh dan sulit diobati. Tercatat sebanyak lebih dari 2.000 kasus jamur hitam terdeteksi di negara bagian Maharashtra. Sementara sebanyak 1.200 penderita jamur hitam tercatat di Gujarat. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru