JAKARTA, HOLOPISCOM – Juru Bicara Program Vaksinasi Pemerintah Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kelompok lanjut usia merupakan pekerjaan utama pemerintah dalam program vaksinasi nasional.
“PR utama kita vaksinasi lansia, lansia pada vaksinasi tahap satu baru 2.9 juta, baru 13% dari sasaran kita dari 21.5 juta,” kata Nadia dalam Program Podcast Ruang Tamu HOLOPIS.COM, Jumat (21/5/2021) malam.
Nadia mengakui terdapat beberapa tantangan dalam program vaksinasi kepada lansia.
“Pertama dibulan April ada keterbatasan vaksin. Kemudian tidak semua daerah mendapatkan vaksin sesuai target. Lansia tersebar diseluruh desa, ini tantangan kita,” ujar Nadia.
Tantangan selanjutnya yaitu, faktor kesediaan dari lansia. Nadia menyebutkan, banyak lansia yang belum memahami manfaat dari vaksin, hingga kemampuan fisik lansia.
“Bahwa lansia sendiri belum mendapatkan informasi lengkap, Kemudian lansia memiliki keterbatasan fisik ke akses tempat vaksinasi, kalau daerah pedesaan itu mencapai tempat vaksinasi, puskesmas, layanan posyandu, tidak mudah. Ini artinya kita harus kerja sama membuat pos vaksinasi sampai tingkat desa agar lansia mendapatkan vaksinasi,” ujarnya.
Tantangan selanjutnya sambung Nadia yaitu lansia yang ingin keluarganya didahulukan mendapatkan vaksin.
“Lansia ini ada juga yang inginkan justru keluarganya, anaknya, cucunya terlebih dahulu, dibandingkan dirinya, ini bebrapa tantangan kita. Namun kita tetap segerakan vaksinasi lansia ini,” tandas Nadia.