Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ingat! Setelah Divaksin Bukan Berarti Kebal dari COVID-19

JAKARTA, HOLOPISCOM – Epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono mengatakan, vaksin tidak berfungsi mencegah suatu virus masuk ke dalam tubuh. Vaksin bekerja hanya untuk mengrangi efek buruk dari virus.
Hal itu disampaikan Pandu dalam Porgram Podcast Ruang Tamu HOLOPIS.COM, yang digelar secara daring, Jumat (21/5/2021).
“Jadi vaksinasi itu kalau kita pelajari, apakah vaksin bisa mencegah penularan virus, ini belum bisa. Vaksin hanya mencegah supaya tidak menjadi Covid berat. Mengurangi resiko meninggal, ini yang menjadi penting,” kata Pandu.
Pandu menambahkan, vaksin saat ini harus ditargetkan pada kelompok umur lanjut usia karena sangat rentan tertular virus.
Tidak hanya lansia, para tenaga medis yang berada di garda terdepan juga harus menjadi priritas vaksin.
“Vaksin ini sangat penting sekali. Meski dia tidak berfungsi mencegah, tetapi dia sangat efektif mengurangi resiko berat. Lansia prioritas kita, perawat, dokter, yang merawat pasien Covid mereka beresiko terinfeksi, mereka harus dilindungi, kita akan kehilangan banyak tenaga yang handal, jika kehilangan mereka,” ujar Pandu.
“Lansia berdasarkan umur 50-60 tahun, karena itulah yang paling bersiiko, kita ingin mengurangi kematian dan kesatikan, vaksin efektif menekan angka kematian dan kesakitan,” tandas Pandu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru