Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Optimis Ekonomi Tumbuh 7 Persen di Kuartal II

Jokowi Optimis Ekonomi Tumbuh 7 Persen di Kuartal II

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih tetap optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus 7 persen pada kuartal II 2021. Hal ini karena produksi di berbagai industri mulai bergerak normal.
“Kami harapkan kuartal II 2021 bisa sesuai target yaitu kurang lebih 7 persen bisa kami capai karena produksi di semua lini perusahaan unit usaha semua bisa bergerak normal kembali,” ucap Jokowi dalam Peninjauan Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong untuk Pekerja di Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5).
Ia berharap perkembangan vaksinasi covid-19 mendorong kegiatan ekonomi di dalam negeri. Sejauh ini, pemerintah baru menyuntikkan vaksin sebanyak 23 juta dosis.
Jumlahnya masih jauh dari target yang mencapai 380 juta dosis untuk 181.500 penduduk. Namun, ia berharap vaksinasi gotong royong akan mempercepat target pemberian vaksin untuk masyarakat.
“Kami berharap pada Agustus-September sudah mencapai jumlah kurang lebih 70 juta yang divaksin, sehingga diharapkan bulan-bulan itu kurva berada di bawah,” jelas Jokowi.
Dengan demikian, operasional perusahaan industri bisa semakin membaik dan menuju normal. Jumlah barang yang diproduksi bisa sama seperti sebelum pandemi covid-19.
Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso percaya diri tanpa usaha keras pun ekonomi dapat menyentuh pertumbuhan di kisaran 6,3 persen pada kuartal II 2021. Hal ini karena kontraksi ekonomi yang dialami pada kuartal II tahun lalu sangat dalam, yakni hingga 5,32 persen.
Susi menjelaskan asumsi tersebut didasarkan siklus PDB riil (atas dasar harga konstan/ADHK) yang biasanya meningkat pada kuartal II dan III. Dengan PDB ADHK sebesar Rp2.683 triliun pada kuartal I lalu, ia yakin angka PDB kuartal II ini akan lebih tinggi. Bahkan, di atas PDB ADHK kuartal II 2019 atau sebelum pandemi yang mencapai Rp2.735,4 triliun.
“Kalau asumsinya datar-datar saja, karena baseline-nya (kuartal II) tahun lalu rendah sekali hanya Rp2.588 triliun, dengan ADHK yang sama dengan (kuartal II) 2019 saja pertumbuhan ekonominya sudah 6,3 persen sendiri,” pungkas Susi. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.