JAKARTA, HOLOPIS.COM – Aksi bela Palestina yang dilakukan di depan Kedubes Amerika Serikat, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat berlangsung kondusif. Namun, ada tiga warga negara asing (WNA) diamankan oleh aparat kepolisian dalam aksi tersebut.
“Aksi keberapa ya pertama mau pergantian kedua kalau nggak salah ya. Ada informasi dari kasat reskrim kasat intel ada yang diamankan udah itu aja,” kata Kabagops Polres Metro Jakpus, AKBP Guntur Muhammad Tariq, kepada wartawan di depan Kedubes AS, Jakarta Pusat, Selasa (18/5).
WNA itu kemudian dibawa ke kantor polisi setempat. Belum diketahui dari mana WNA itu berasal. Polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap ketiga WNA tersebut.
“Teruntuk WNA yang ditangkap saat ini masih proses pemeriksaan ya dari intel dan kita lihat perkembangannya lah,” ujar Guntur.
“Saat ini masih dalam pemeriksaan mungkin akan diperiksa sama imigrasi juga,” lanjutnya.
Guntur menyebut aksi hari ini terpantau kondusif, meskipun sempat ada penambahan massa dari yang diperkirakan sebelumnya.
“Kalau pagi itu 150-an, berganti dengan yang baru ini 200 saya itung dari Tugu Tani sampe ke sini ya 300-400 ya tapi kondusif tidak ada yang bagaimana-bagaimana. Mereka juga tertib,” jelasnya.
Pada saat massa aksi kedua, polisi memasang kawat berduri di sekitar Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Hal ini dikarenakan polisi mengantisipasi adanya massa yang memungkinkan ricuh.
“Itu antisipasi karena jumlah masanya makin lama makin bertambah. Kita kan harus bisa melihat situasi lingkungan sekitarnya. Kita membayangkan bagaimana situasinya kalau nggak kita amankan, mereka dorong. Kan kita tidak pernah tahu. Kan masanya makin lama makin bertambah. Itu yang perlu kita antisipasi,” kata Guntur. (zik)