Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Busyro Muqoddas Ingatkan Jokowi, KPK Tumbang dibawah Pemerintahannya

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum, Busyro Muqoddas, mengingatkan Presiden  Joko Widodo. Bahwa sejarah akan mencatat di bawah pemerintahan saat ini KPK tumbang tak lagi punya kekuatan memberantas korupsi.
Mantan pimpinan KPK itu mengaku, selama ini bersama sejumlah tokoh-tokoh aktivis masyarakat sipil intensif melakukan pertemuan-pertemuan daring membahas nasib KPK di masa pemerintahan Jokowi.
“Dari bahasan-bahasan itu kesimpulan besar saya begini, bahwa penonaktifan 75 pegawai KPK melalui proses tes wawasan kebangsaan itu mempertegas pernyataan saya sebelumya, yaitu di tangan Presiden Jokowi sistem pemberantasan korupsi itu tumbang,” beber Busyro, Rabu (12/5).
Busyro kembali mengingatkan soal janji-janji Jokowi saat kampanye Pilpres. Dalam dua kali pemilu, 2014 dan 2019, Jokowi menegaskan komitmennya memperkuat KPK.
“Janji janji itu berujung dengan Surpres Jokowi untuk DPR tentang revisi UU KPK. Kedua, rangkaian langkah-langkah pemilihan pimpinan KPK terpilih ini tidak bisa dilepaskan dari RUU itu,” jelas dia.
Busyro mengaitkan di masa kepemimpinan Komjen Firli Bahuri, KPK kini BNPT dilibatkan dalam proses seleksi pimpinan dan juga pegawai KPK untuk menjadi ASN.
“Itu badan yang menggambarkan isu yang tandus moralitasnya. Yang menyesatkan bahwa kpk itu sarang militan taliban. Sampai ada taliban itu dikaitkan dengan tokoh DI TII Kartosurwiryo, Kahar Muzakkar dan sebagainya. Itu kan kengerian yang dahsyat sekali itu,” ujar dia.
Busyro kemudian menyentil bahwa saat Ketua KPK Firli Bahuri dinyatakan melanggar etika karena bertemu Tuan Guru Bajang, yang saat itu Gubernur NTB. Padahal Firli yang kala itu menjadi Deputi Penindakan tengah menyidik kasus terkait korupsi di NTB.
“Nah, hasil pemeriksaannya, Deputi Penindakan dalam hal itu dinyatakan melanggar etika. Tapi oleh pimpinan KPK era Agus Rahardjo itu tidak dikembalikan lagi ke Mabes Polri. Ketika polri dipimpin Jenderal Tito Karnavian,” tutupnya. (RPG)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Santri Habib Rizieq Disiram Air Panas Seniornya Sendiri, Kasus Ditangani Polres Bogor

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Juru bicara Habib Rizieq Shihab, Aziz...

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru