Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Eropa Desak Israel Hentikan Pembangunan Pemukiman di Palestina

YERUSSALEM, HOLOPISCOM – Sejumlah negara Eropa mendesak Israel untuk menghentikan pembangunan permukiman di Tepi Barat. Desakan itu muncul dari Prancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Inggris.
Pernyataan bersama itu muncul ketika ketegangan memanas di sekitar Yerusalem Timur, wilayah lain yang dicari Palestina untuk negara masa depan, di mana pemukim Yahudi yang didukung oleh pengadilan Israel telah mengambil alih beberapa rumah di lingkungan Sheikh Jarrah.
“Kami mendesak pemerintah Israel untuk membatalkan keputusannya untuk menyegerakan pembangunan 540 unit permukiman di daerah Har Homa E di Tepi Barat yang diduduki, dan untuk menghentikan kebijakan perluasan permukiman di seluruh Wilayah Pendudukan Palestina,” kata negara-negara Eropa itu dalam pernyataan bersama yang dilansir Jumat (7/4/2021).
“Jika diterapkan, keputusan untuk memajukan permukiman di Har Homa, antara Yerusalem Timur dan Betlehem, akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada prospek Negara Palestina yang layak, dengan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan Negara Palestina,” kata mereka.
Di Sheikh Jarrah, polisi Israel mengatakan mereka telah menangkap sembilan orang karena perilaku tidak tertib atau penyerangan ketika para pemukim berhadapan dengan pengunjuk rasa Palestina dalam bentrokan malam.
Seorang reporter Reuters melihat sebuah mobil terbakar di dekat sebuah rumah yang diambil alih oleh para pemukim. Tidak segera jelas siapa yang membakar mobil tersebut.
Mahkamah Agung Israel akan mendengar gugatan minggu depan atas penggusuran warga Palestina yang diperintahkan oleh pengadilan yang lebih rendah yang mendukung klaim pemukim. Kelompok hak asasi manusia mengatakan keputusan itu, jika diterapkan, dapat menjadi preseden bagi puluhan rumah lainnya.
Seorang anggota parlemen sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, mengatakan dia sedang mendirikan sebuah kantor di lingkungan itu – yang oleh sebagian orang Yahudi dikenal sebagai “Simon yang Adil”, setelah seorang imam besar kuno dimakamkan di sana.
“Saya senang karena, sejak kami tiba, polisi mulai bekerja,” cuit Ben-Gvir. “Tapi jika polisi tidak menangani teroris dengan tangan yang kuat, kami akan berada di sini sampai ada ketenangan.”
Israel melakukan agresi di Yerusalem Timur, Tepi Barat dan Jalur Gaza sejak perang tahun 1967. Mereka menganggap seluruh Yerusalem sebagai ibu kotanya, status yang belum mendapat dukungan internasional.
Sumber: Reuters

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru