Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kelompok Pembela HAM Kolombia Khawatir Atas Tindakan Kekerasan Aparat

BOGOTA, HOLOPISCOM – Demo anti-pemerintah yang menolak reformasi perpajakan terus berlangsung hingga hari ke-8 di Kolombia. Terkait hal ini, kelompok pembela hak asasi manusia khawatir atas tindakan keras aparat.
Polisi turut melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan demonstran di alun-alun Ibu Kota Bogota sekitar pukul 15.00 kemarin, waktu setempat. Sedangkan di bagian kota yang lain massa juga berkumpul untuk melawan aparat.
Para demonstran mengatakan mereka akan terus turun ke jalanan meskipun Presiden Kolombia, Ivan Duque dari aliran kanan sudah mencabut usulan reformasi pajak itu.
“Ya mereka sudah mencabut reformasi pajak itu tapi mereka belum mengubahnya,” kata anggota serikat pekerja Olga Cabos, 48 tahun, yang ikut turun ke jalan sejak 28 April lalu di Bogota, Kamis (6/5).
“Kami tidak bisa membiarkan pemerintahan Duque terus-terusan mempersulit orang-orang miskin,” kata dia dilansir dari Aljazeera.
Unjuk rasa ini dipicu oleh reformasi perpajakan yang kata pemerintah bertujuan menstabilkan ekonomi akibat dihantam pandemi. Namun kelompok pekerja dan kaum menengah justru berpendapat rencana reformasi pajak tersebut adalah untuk menguntungkan kaum kaya dan mempersulit kaum miskin.
Para pendemo juga merasa keberatan akibat mengalami kesulitan ekonomi setelah setahun lockdown dikarenakan pandemi.
Duque mencabut pengajuan reformasi pajak itu pada Minggu dan menteri keuangan mengundurkan diri sehari kemudian. Kini para demonstran menuntut usulan reformasi kesehatan juga dicabut dan mereka mendesak upah minimun bagi seluruh rakyat Kolombia sebesar USD 260 atau Rp 3,7 juta.
Korban tewas kerusuhan dalam demo ini masih simpang siur antara angka dari pemerintah dan LSM. Ombudsman Kolombia mengatakan 24 orang tewas sementara LSA Temblores mengatakan 37 orang tewas. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Dijadwalkan Temui Presiden Filipina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara yang ada di kawasan Asia.

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru