JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah Inggris tengah melakukan uji coba penyuntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 buatan Moderna, untuk memperkuat kekebalan tubuh dari infeksi Covid-19 varian mutasi Brasil dan Afrika Selatan.
Dikutip Independent, Kamis (6/5), dari hasil riset awal menunjukkan pemberian tiga kali vaksin itu mampu meningkatkan imunitas penerima dari infeksi virus Covid-19 mutasi Afrika Selatan, yakni jenis mRNA-1273.351.
Moderna juga tengah mengembangkan metode kombinasi antara produksi vaksin tahap awal dengan yang baru. Hasilnya menunjukkan tubuh penerima bisa menahan infeksi virus Covid-19 jenis mutasi.
Uji coba penyuntikan ketiga vaksin Moderna dilakukan kepada relawan yang sudah menerima dua kali dosis vaksin Covid-19.
Pemerintah Inggris saat ini juga tengah mempersiapkan program suntikan dosis ketiga vaksin Moderna untuk kelompok usia 50 tahun ke atas.
“Kami tetap berjanji untuk bersikap proaktif karena virus terus berkembang. Kami sangat tergugah dengan data baru itu, yang juga meningkatkan kepercayaan diri kami dan memperkuat strategi kami untuk terus berupaya memberikan perlindungan terhadap varian virus baru,” kata Direktur Eksekutif Moderna, Stephane Bancel.
Bancel mengatakan vaksin mereka yang dibuat dengan metode mRNA bisa terus dikembangkan secara cepat untuk menghadapi virus yang bermutasi.
Koordinator Vaksinasi Covid-19 Inggris, Nadhim Zahawi, mengatakan para peneliti saat ini juga mempertimbangkan berbagai pilihan untuk menanggulangi penyebaran virus mutasi. Caranya antara lain dengan menambah dosis atau melakukan kombinasi vaksin, yakni memberikan dosis tambahan dari merek vaksin berbeda.
Contohnya jika seseorang sudah dua kali disuntik vaksin buatan AstraZeneca, maka dosis ketiga diambil dari vaksin buatan Pfizer.
Untuk mendukung program itu, pemerintah Inggris memesan 60 juta dosis vaksin corona yang akan digunakan sebagai penguat.
“(Vaksin) Pfizer adalah sebuah pilihan, kami juga akan memberikan mereka opsi AstraZeneca. Para peneliti belum bisa memutuskan kapan seseorang memerlukan dosis ketiga vaksin atau kapan kami harus memberikannya kepada kelompok usia rentan untuk meningkatkan perlindungan dari virus varian mutasi. Jika sudah ditentukan, saya ingin memberi penduduk pilihan sebanyak mungkin,” kata Zahawi.