Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kebijakan AS Lepas Masker Jika Sudah Vaksin 2 Kali, Tidak Cocok Diterapkan di Indonesia

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan warganya yang sudah divaksinasi tak perlu lagi memakai masker di luar ruangan, kecuali jika berada di dalam kerumunan.
Hal tersebut ia sampaikan saat pedoman terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mengizinkan warga AS untuk melepas masker ketika berada di luar ruangan dalam kondisi tertentu. Ditambah catatan, mereka harus sudah mendapat dua dosis vaksin Covid-19.
“Mulai hari ini, berkumpul dengan sekelompok teman, di taman, pergi piknik selama Anda divaksinasi, dan di luar ruangan, Anda bisa melepas masker,” kata Biden, dalam rangka kampanye vaksinasi Covid-19 agar banyak orang dewasa yang mau divaksin sebelum musim panas tiba.
Menanggapi keputusan Presiden AS tersebut, dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan, Dr dr Erlina Burhan, MSc, SpP (K), mengatakan kebijakan tersebut masih kurang cocok untuk diterapkan di Indonesia.
Pasalnya, kondisi penanganan Covid-19 di Amerika Serikat dan Indonesia yang cukup berbeda.
“Pertama, mereka sudah boleh dikatakan hampir mencapai herd immunity karena vaksinasinya,” kata dr Erlina dalam sebuah webinar, Rabu (28/4).
“Sudah cukup banyak di atas ratusan juta masyarakatnya yang sudah divaksin, karena mereka memiliki fasilitas untuk itu, seperti vaksin Pfizer dan Moderna,” lanjutnya.
dr Erlina mengatakan di Indonesia sendiri cakupan vaksinasinya masih sedikit, sehingga herd imminunity masih jauh dari target. Terlebih risiko adanya ancaman varian baru Covid-19 yang juga bisa mempengaruhi efektivitas vaksin.
“Saya kira itu tidak bisa kita terapkan di Indonesia sampai mungkin kita mencapai herd immunity,” tuturnya. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru