DEPOK, HOLOPIS.COM – Penangkapan diduga babi ngepet menghebohkan warga Kampung Bedahan, RT 02/04 di Kelurahan Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021).
Saat ditangkap, jenis binatang yang di duga babi ngepet itu memiliki postur sebesar anjing dewasa atau setinggi lutut orang dewasa, mengenakan kalung kayu berwarna hitam berbentuk tasbih dan memakai ikat dikepala berwarna merah.
Ketua RW 04, Abdul Rosad mengatakan, binatang yang diduga babi ngepet itu mengalami penyusutan tubuh pada saat ditangkap pada Selasa dini hari.
“Dari awalnya sebesar lutut orang dewasa akhirnya pas siang menyusut sampai semata kaki,” papar Abdul kepada wartawan saat ditemui di kediamannya, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021).
Penangkapan dikatakan Abdul dilakukan oleh warga Kelurahan Bedahan dengan cara telanjang bulat atau bugil oleh 12 orang.
Abdul mengatakan, sebelum dilakukan penangkapan, warga mencurigai adanya dua orang berboncengan motor, di mana seorang diantaranya yang diboncengi menggunakan jubah warna hitam yang kemudiam diduga berubah menjadi babi ngepet.
“Awalnya warga pernah nangkap bulan lalu tapi waktu itu yang nangkap ngga bugil akhirnya (babi ngepet) itu lolos,”
“Akhirnya warga putuskan untuk nangkap babi ngepet itu dengan cara bugil, akhirnya ya ini ketangkep,” aku Abdul.
Setelah ditangkap, Abdul mengatakan warga sekitar memutuskan untuk menyembelih hewan yang diduga babi ngepet tersebut.
Harapannya, jika nanti ada yang datang mencari berarti dugaan warga sekitar benar bahwa binatang yang ditangkap itu adalah babi ngepet.
“Kita tunggu sampai tiga minggu ke depan, kalau berubah dan ada yang datang berarti itu benar babi jadi-jadian. Karena kalau babi beneran kan ngga bakal kisut,” ujarnya. (zik)