Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Amalan Malam Lailatul Qadar dan Keutamaannya

HOLOPISCOM – Memperbanyak amalan berpahala di bulan Ramadhan rupanya menjadi hal yang banyak dilakukan oleh umat Islam selama bulan Ramadhan. Hal ini karena dalam bulan Ramadhan menyimpan limpahan keutamaan yang bermanfaat baik bagi kehidupan dunia maupun akhirat kita. Salah satu keutamaan bulan Ramadhan ini tersimpan di dalam malam lailatul qadar. Berikut ini adalah amalan malam lailatul qadar yang dapat Anda kerjakan untuk meraih keutamannya.
Sederet Amalan Malam Lailatul Qadar dan Keutamaan yang Diperoleh
Malam lailatul qadar yang menjadi salah satu malam istimewa dalam Islam ini merupakan salah satu malam yang juga dimuliakan. Maka dari itu, tak heran jika malam lailatul qadar ini ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat Islam.
Keistimewaan malam lailatul qadar tersebut menjadi motivasi bagi tiap umat Islam untuk memaksimalkan diri saat menyambut malam lailatul qadar.
Keistimewaan malam lailatul qadar tersebut dijelaskan dalam buku berjudul Menggapai Malam Lailatur Qadar yang ditulis Ahmad Rifa`i Rif`an (2013:137) yang menyebutkan bahwa salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya lailatul qadar yakni malam yang nilainya setara dengan seribu bulan. Malam lailatul qadar ini turun di salah satu malam di dalam sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.
Hal ini seperti yang disabdakan Nabi dalam hadist berikut:
التمِسوها في العشرِ الأواخرِ من رمضانَ، ليلةَ القدرِ، في تاسِعةٍ تَبقى، في سابِعةٍ تَبقى، في خامِسةٍ تَبقى
Artinya: “Carilah Lailatul Qadr pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan, pada malam yang ke sembilan tersisa, malam yang ke tujuh tersisa, malam yang ke lima tersisa” (HR. Bukhari)
Seperti yang dipaparkan dalam hadist di atas, kita dapat mengetahui bahwa kita dapat memperoleh keutamaan malam lailatul qadar di dalam sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Untuk memperoleh keutamaan malam lailatul qadar, kita perlu menunaikan amalan malam lailatul qadar yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.
Amalan malam lailatul qadar pertama yang dapat kita lakukan untuk meraih keutamaan malam lailatul qadar adalah dengan memperbanyak memohon ampun kepada Allah di malam lailatul qadar. Permohonan ampun ini dapat diwujudkan dengan memperbanyak membaca doa malam lailatul qadar. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat...

Contoh Naskah Khutbah Jumat Pemberantasan Korupsi

Praktik tindak pidana korupsi masih menjadi momok tersendiri bagi Indonesia. Hal ini yang menjadi salah satu concern Presiden Republik Indonesia terpilih, Prabowo Subianto, yakni pemberantasan korupsi.

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru