Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024
NewsEkobizKoalisi Gerakan Bersihkan Indonesia: Tambang Batu Bara Membuat Rakyat Sengsara

Koalisi Gerakan Bersihkan Indonesia: Tambang Batu Bara Membuat Rakyat Sengsara

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ketergantungan terhadap energi fosil, khususnya batu bara memiliki dampak negatif jangka panjang terhadap kesehatan, lingkungan hidup, dan perekonomian negara. Pada aspek kesehatan, misalnya, pembakaran batu bara menyimpan risiko kesehatan publik yang besar karena polusi udara yang ditimbulkan.
Koordinator Bersihkan Indonesia Ahmad Ashov Birry mengatakan bahwa Batu bara membebani Indonesia dengan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup. Dari hulu ke hilir, biaya kesehatan, lingkungan dan sosial dari industri ekstraktif yang tidak diperhitungkan, dan pada akhirnya harus ditanggung rakyat.
“Batu bara juga mengancam ketahanan pangan. Konsesi pertambangan batu bara mengancam seperlima tanah produktif yang seharusnya mendukung agenda ketahanan pangan Indonesia. Selain itu, biaya kesehatan dampak dari PLTU Batubara mencapai sekitar Triliunan untuk setiap tahun operasi pembangkit”, ujarnya.
Ashof juga mengatakan bahwa Batu bara, mengandung unsur racun termasuk logam berat dan radioaktif.
“Ketika batubara dibakar di pembangkit listrik, unsur beracun ini terkonsentrasi pada hasil pembakaran menjadi abu terbang dan abu padat”, ujarnya.
Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan langkah kebijakan yang serius untuk menghentikan penggunaan energi fosil dan beralih pada penggunaan energi terbarukan.
027160100 1549859881 20190211 Aktivis Gelar Aksi Bersihkan Indonesia di Gedung PMK FANANI 2
RUU Cipta Kerja yang Baru saja di Sahkan
Koordinator bersihkan indonesia Ahmad Ashov Birry mengatakan Koalisi Masyarakat Sipil dari Gerakan Bersihkan Indonesia mengungkapkan bagaimana substansi dan proses UU Cipta Kerja Omnibus Law dikuasai oleh konflik kepentingan. Seperti ditandai sebelumnya dengan revisi UU KPK dan UU Minerba. Mereka mengabaikan suara rakyat bahkan melemahkannya.
“Konflik kepentingan akan mendorong pejabat publik mengambil keputusan dan kebijakan yang tidak berdasarkan pada kepentingan rakyat”, ujarnya.

p 15475319675e0 aksi bersihkan indonesia dari korupsi batubara di bawaslu
Greenpeace, Auriga, JATAM, dan ICW yang tergabung dalam Koalisi #BersihkanIndonesia melakukan aksi teatrikal di depan Gedung Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019). Mereka mendesak para elite politik agar mengakhiri praktik korupsi politik di bisnis batubara.

Gerakan Bersihkan Indonesia hadir untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama aktif dalam mendorong perubahan kebijakan energi, ekonomi dan lingkungan.
Koalisi Bersihkan Indonesia akan terus mendampingi masyarakat yang terdampak oleh pertambangan batubara, dan akan berusaha untuk Mendorong moratorium izin pertambangan dan PLTU batubara yang diikuti dengan menyusun peta jalan untuk meninggalkan batubara dan energi kotor sebagai kutukan sumber daya alam, bertransisi menuju energi terbarukan yang adil dan berkelanjutan. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...

6 Juta Data DJP Bocor, Begini Respon Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara terkait adanya kabar kebocoran 6 juta data milik DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pasalnya dalam 6 juta data yang bocor itu, terdapat data dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

KAI dan Korlantas Polri Tingkatkan Budaya Taat Diperlintasan Kereta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama...