Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Bulan Ramadan, Vaksinasi Diprioritaskan Untuk Lansia

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut program vaksinasi COVID-19 akan diprioritaskan untuk para lanjut usia (lansia) selama ramadan.
“Untuk diingat pada saat ramadan nanti kunjungan keluarga yang ingin bertemu dengan orang tuanya sangat tinggi. Jadi, tolong dipastikan dalam sebulan ini prioritas diberikan vaksinasi kepada para Lansia,” tutur Budi saat konferensi pers daring, Minggu (18/4).
Alasan vaksinasi selama ramadan diprioritaskan kepada lansian, karena lansia cenderung akan dikunjungi sanak saudara, keluarga saat lebaran nanti. Sehingga diharapkan dengan vaksinasi lansia ini imunitas mereka sudah relatif lebiih baik.
Ia juga menyampaikan agar program vaksinasi terus dilanjutkan meskipun sedang bulan puasa. Mengutip pernyataan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyebut vaksin corona tidak membatalkan puasa.
Mengingat saat ini terjadi lonjakan kasus di sejumlah negara di Benua Eropa, Asia dan Amerika Selatan, Budi terus mengingatkan agar masyarakat tidak berhenti menjaga protokol kesehatan selepas vaksinasi covid-19.
“Sekali lagi jangan sampai program vaksinasi yang sudah berjalan, program PPKM yang sudah berjalan membuat kita jadi tidak waspada, tidak hati-hati. Karena lonjakan bisa terjadi lagi dan usaha keras kita selama ini jadi sia-sia.” katanya.
Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, target sasaran vaksinasi untuk Lansia sebanyak 21,5 juta orang.
Namun hingga Minggu (18/4) hanya ada 932.524 orang yang sudah divaksin dosis kedua atau baru 4,33 persen dari target yang dicanangkan. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru