Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

BMKG : Cuaca Jabodetabek Dipengaruhi Sirkulasi Siklonik

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Beberapa hari belakangan wilayah Jabodetabek mengalami cuaca yang cukup ekstrem, hujan deras disertai angin dan kilat petir. Hal ini menjadi membuat sebagian masyarakat beranggapan cuaca ekstrem ini dikarenakan Siklon Tropis Surigae.
Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, menyatakan Siklon Tropis Surigae tidak mempengaruhi terhadap cuaca di wilayah Jabodetabek. Pasalnya, lokasi siklon tropis Suriage yang cukup jauh dari kawasan Jabodetabek.
“Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Namun cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh Sirkulasi Siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu, dan perlambatan angin di atas Banten – Jawa Barat,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Sabtu (17/4).
Guswanto menjelaskan sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Bengkulu tersebut membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan barat Lampung hingga Samudra Hindia barat Lampung. Pertemuan ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan disepanjang sistem sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konfluensi.
BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Sumatra Utara bagian selatan, dari Teluk Bone hingga Sulawesi Barat bagian utara.
“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi awan hujan disepanjang wilayah konvergensi tersebut,” katanya. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru