Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kurangi Jajan Takjil Saat Pandemi, Ini Ide Kue Takjil yang Enak, Murah, dan Mudah Dibuat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Selama bulan Ramadan, biasaya pedagang takjil sangat mudah ditemukan. Berbagai jenis kue dan menu berbuka puasa terlihat sangat menarik menggugah selera. Terlebih kita tidak perlu repot-repot memasak sebelum berbuka puasa.
Namun, dalam masa pandemi seperti saat ini, tidak sedikit juga yang memilih untuk mengurangi membeli takjil dan menu buka puasa di luar untuk menjaga kebersihan.
Anda tidak usah khawatir, karena ada banyak jenis kue takjil yang sebenarnya sangat mudah dibuat dan hanya membutuhkan bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan di pasaran. Rasanya juga dijamin tidak kalah dari penjual kue takjil yang sering anda temui. Berikut jenis-jenis kue takil yang murah dan mudah untuk dibuat.
1. Klepon
5f16cff472af9
Klepon adalah salah satu kue takjil yang sering dijumpai di pasar takjil. Sensasi nikmat melelehnya gula merah tiap gigitan klepon selalu yang paling dicari. Bahan yang digunakan adalah tepung ketan, tepung beras, air perasan daun pandan, air, garam, gula merah, dan kelapa parut.
Cara membuatnya campurkan tepung ketan, tepung beras, air perasan daun pandan, dan garam. Uleni hingga semua bahan tercampur rata dan adonan bisa dibentuk.
Lalu bentuk adonan bulat-bulat dan beri potongan gula merah di dalamnya. Rebus klepon sampai matang dan tiriskan. Kelapa yang sudah diparut harus dikukus terlebih dahulu. Jika kelapa sudah matang maka klepon yang sudah selesai direbus tadi bisa diberi taburan kelapa parut.
2. Serabi Bandung
Resep Serabi Kuah
Kue yang satu ini tidak hanya manis, tapi memiliki rasa gurih. Cara membuatnya juga tak kalah mudah dari membuat kue klepon.
Bahan-bahannya berupa tepung beras, kelapa parut, ragi, santan, gula, dan garam.
Cara membuatnya, campur tepung beras, kelapa parut, santan, gula, dan garam menjadi satu.
Setelah tercampur, tambahkan ragi. Lalu diamkan selama 1 jam. Setelah itu masak adonan di tungku kecil khas serabi.
Lalu untuk membuat saus gula siramnya, cukup menggunakan santan sebagai bahan utama dan dicampur dengan gula merah.
3. Kue Lumpur
5f7b07844f783
Mirip dengan Serabi namun kue takjil yang saat itu ini lebih manis dan memiliki tekstur yang lebih lembut.
Siapkan bahan seperti tepung terigu, gula, kentang, telur, margarin, santan, vanila, dan sedikit garam.
Cara membuatnya, rebus atau kukus kentang terlebih dahulu.
Kemudian lumatkan kentang lalu campur dengan bahan lainnya, yaitu tepung terigu, gula, telur, margarin, santan, vanila, dan sedikit garam.
Aduk hingga semua bahan tercampur. Lalu masak di cetakan kue lumpur hingga matang.
Sangat mudah bukan?
Anda bisa langsung mengidangkan kue takjil yang enak, murah, dan dijamin kebersihannya karena dibuat dalam dapur sendiri! (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru