JAKARTA, HOLOPISCOM – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik wacana Poros Partai Islam dalam Pilpres 2024 mendatang.
“Kami menyambut baik wacana itu untuk membangun poros kekuatan demokrasi dengan menawarkan ide program keumatan yang segar dan tidak berhenti pada sebatas wacana saja,” kata Waketum PKB, Jazilul Fawaid, kepada wartawan, Kamis (15/4).
Jazilul menambahkan, tidak menutup kemungkinan PKB juga bisa bergabung dengan poros partai Islam di 2024.
“Hemat kami, terbuka kemungkinan untuk bergabung bila wacana ini digagas dengan serius dan memiliki arah yang jelas bagi perbaikan masa depan Indonesia. Kita tunggu saja,” ujarnya.
Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sepakat membuka peluang membentuk poros partai Islam pada Pemilu 2024. Hal itu dibahas dalam pertemuan keduanya beberapa waktu lalu.
“Itu ide bagus. Why not? PKS prinsipnya adalah partai yang visinya rahmatan lil’alamin. Kita ingin menyambut siapapun yang ingin bergabung dengan kita dan kita akan menyatukan kerja sama besar kita untuk keumatan maupun dari yang lain. Jadi sangat mungkin. Tapi ini waktu masih jauh, masih panjang. Tapi penjajakan-penjajakan ini dalam waktu 2 tahun setengah, sangat memungkinkan,” kata Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi di DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (14/4).