HOLOPIS.COM – Ratu Elizabeth menghadiri tugas kerajaan pertamanya sejak kematian suaminya, yaki Pangeran Philip. Ia menjadi tuan rumah dalam sebuah upacara di Istana Windsor untuk menghormati Earl Peel yang mengundurkan diri sebagai Lord Chamberlain seminggu sebelum Pangeran Philip meninggal.
“Earl Peel akan menghadap Ratu hari ini, dan menyerahkan Tongkat dan Lambang Kantornya sebagai Lord Chamberlain dan Lencana Kanselir Royal Victorian Order dan mengambil cuti setelah melepaskan pengangkatannya sebagai Lord Chamberlain,” dikutip menurut catatan harian tugas-tugas publik dari monarki Inggris.
Tugas Peel akan diambil alih oleh mantan mata-mata dari MI5, Baron Andrew Parker. Sebelum masa pensiunnya setelah 14 tahun di posisi Lord Chamberlain, dia akan mengawasi proses pemakaman Pangeran Philip, The Duke of Edinburgh.
Pemakaman Pangeran Phillip akan diadakan di Kapel St. George di Istana Windsor pukul 3 sore, 17 April 2021 waktu Inggris dan akan disiarkan secara langsung oleh media.
Kembalinya Ratu dalam menjalankan tugas kerajaannya disebutkan tidak mengagetkan para anggota staf senior.
“Keluarganya akan hadir dan menemaninya, tetapi dia (Ratu Elizabeth) akan tetap menjalani hidup,” kata mantan asisten senior istana, dilansir dari People.
“Ia paham bahwa ia masih punya pekerjaan, dan (Phillip) pasti menginginkan dia kembali lagi beraktifitas. Ia juga sudah melanjutkan tugas saat Pangeran Phillip pensiun dari kehidupan publik,” imbuhnya.
Seorang sumber dari istana juga mengatakan bahwa Ratu Elizabeth akan tetap memegang erat tahtanya sampai kapanpun.
“Ratu tidak akan melepaskan tahtanya, karena tugas, kehormatan, dan melayani rakyat benar-benar ia hayati, sama seperti (Philip),” pungkasnya. (MIB)