Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Daftar Anggota DPR & Tokoh yang Jadi Relawan Vaksin Nusantara

JAKARTA, HOLOPISCOM – Proses vaksin Nusantara telah dimulai hari ini. Meski belum mendapat rekomendasi dari BPOM, sejumlah tokoh hingga anggota DPR sudah mendaftar menjadi relawan vaksin yang diinisiasi oleh Mantan Menteri Kesehatan Terawan itu.
Proses vaksin nusantara saat ini telah diawali pengambilan sampel darah di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (14/4) pagi.
Adapun tokoh dan anggota DPR yang menjadi relawan vaksin nusantara yaitu, mantan Ketum Golkar, Aburizal Bakrie, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, anggota DPR, Emanuel Melkiades Lakalena, Saleh Daulay dan Adian Napitupulu.
“Kita berani jadi contoh. Berani untuk divaksin lebih awal. Saya melihat, para peneliti dan dokter-dokter yang bertugas semuanya ikhlas. Tidak ada muatan politik sedikit pun,” kata anggota DPR Saleh Daulay.
Saleh berharap kedaulatan dan kemandirian Indonesia dapat terjamin dalam bidang kesehatan dan pengobatan sehingga ada kesiapan dalam negeri jika ada embargo.
“Sekarang kan kita masih tergantung negara lain. Ketika diembargo, program vaksinasi kita langsung terganggu. Setidaknya, mengganggu jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Di situ pentingnya kemandirian dan kedaulatan tersebut,” ujarnya.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IX Charles Honoris mengatakan, anggota DPR yang mengikuti rangkaian proses vaksin nusantara hari ini, merupakan inisiatif pribadi dan tidak ada kesepakatan di Komisi.
“Komisi IX DPR RI tidak pernah menyepakati secara kolektif untuk ikut vaksinasi Vaksin Nusantara. Bahwa adanya pimpinan/anggota Komisi IX yang mengikuti vaksinasi itu dilakukan secara pribadi dan tidak mewakili Komisi IX DPR RI,” ujarnya.
Charles menegaskan fraksi PDIP di Komisi IX tidak ada yang mengikuti vaksin tersebut. Alasanya karena vaksin itu belum lolos uji klinis, sesuai arahan Presiden Jokowi.
“Poksi IX PDI Perjuangan DPR RI secara kolektif tidak mengikuti vaksinasi Nusantara. Hal ini sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Bapak Presiden bahwa uji klinis vaksin harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dan kaidah-kaidah saintifik,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru