Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Motor Hidrogen Segway, Tunggangan Roda Dua Anti Mainstream

JAKARTA, HOLOPISCOM – Segway terkenal sebagai produsen alat angkut pribadi yang unik. Kini, Segway ikut menggarap kendaraan ramah lingkungan dalam bentuk sepeda motor. Bukan sekadar motor listrik, motor buatan Segway ini bakal mengusung tenaga hidrogen, Selasa (13/4).
Dikenal sebagai Apex H2, motor hidrogen Segway ini tampil futuristik. Tampilannya seperti motor-motor dalam film fiksi ilmiah. Apex H2 hadir sebagai motor ramah lingkungan apik yang memiliki windshield minimalis, lampu depan ramping dan roda besar yang tampak melayang berkat pengaturan lengan ayun ganda.
Sorotan penting lainnya termasuk bodywork yang ramping dan kompartemen akses yang mudah, yang menyimpan wadah bahan bakar hidrogen. Wadah hidrogen itu bisa ditukar dengan yang sudah terisi penuh jika habis. Konsepnya seperti menukar baterai kosong dengan baterai baru yang sudah terisi penuh.
Detail soal mesinnya belum terungkap secara rinci. Segway mengklaim, motor hidrogen ini memiliki tenaga hingga 80 daya kuda. Apex H2 disebut bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari empat detik. Kecepatan tertingginya mencapai 150 km/jam.
Meski tampak seperti sebuah motor konsep, kabarnya motor tersebut dijadwalkan untuk diluncurkan pada 2023. Segway bahkan mencantumkan harga mulai dari 69.999 yuan atau setara dengan Rp 156 jutaan.
Teknologi kendaraan hidrogen sudah umum digunakan terutama oleh kendaraan roda empat. Mobil hidrogen memiliki beberapa keuntungan dari mobil listrik dan mobil bermesin konvensional. Selain ramah lingkungan, mobil pun memiliki jarak jelajah yang jauh dan waktu pengisian hidrogen yang super cepat, tidak berisik, dan responsif.
Prinsip dasarnya, kendaraan hidrogen ini digerakkan oleh motor listrik yang memperoleh tenaga listriknya dari listrik yang dihasilkan oleh hidrogen. Hidrogen menghasilkan listrik dari proses elektrokimia dalam sel bahan bakar. Bukan asap knalpot, hasil dari proses ini hanyalah air, berbeda dengan mobil biasa yang menghasilkan emisi CO2 yang berbahaya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMW Eurokars Kebon Jeruk Jadi Diler Berkonsep Retail.Next di Jakarta Barat

BMW Group Indonesia meresmikan dealernya, dengakn konsep yang berbeda. Kali ini, BMW Eurokars Kebon Jeruk hadir dengan konsep Retail.Next dan tampilan yang mewah serta eksklusif.

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru