Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menu Buka Puasa yang Dianjurkan Rasulullah SAW

RAMADAN, HOLOPISCOM – Menyegerakan buka puasa juga merupakan salah satu amalan yang disunahkan. Rasulullah SAW juga menganjurkan mengonsumsi menu tertentu pada saat buka puasa.
Dalam hadis riwayat At-Tirmizi dikatakan:
“Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmizi).
Ada dua menu buka puasa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, yaitu kurma dan air putih. Kedua menu ini juga biasa beliau konsumsi pada saat buka puasa.
Dalam Mir’atul Mafatih, Al-Mubarakfuri menjelaskan bahwa kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka.
Kurma termasuk makanan pokok yang dapat menguatkan tubuh, terutama menyegarkan mata, setelah puasa seharian.
Demikian pula dengan air putih, ia suci dan bersih, dan sangat baik dikonsumsi sebelum mencicipi menu buka puasa lainnya.
Penjelasan Al-Mubarakfuri ini sejalan dengan penelitian kesehatan modern. Setelah diteliti, zat yang paling dibutuhkan tubuh pada saat puasa ialah glukosa, salah satunya terkandung dalam kurma.
Maka dari itu, kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka. Bila tidak ada kurma, konsumsilah makanan lain yang juga mengandung glukosa atau cukup diawali dengan minum segelas air.
Sumber: NU Online

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat...

Contoh Naskah Khutbah Jumat Pemberantasan Korupsi

Praktik tindak pidana korupsi masih menjadi momok tersendiri bagi Indonesia. Hal ini yang menjadi salah satu concern Presiden Republik Indonesia terpilih, Prabowo Subianto, yakni pemberantasan korupsi.

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru