Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 1442 H Digelar Sore Ini

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadan 1442 H sore ini, Senin (12/4).
Sidang isbat akan diselenggarakan di auditorium H.M Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Sidang isbat ini akan dipimpin langsung oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas
“InshaAllah, sidang isbat awal Ramadhan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin.
Penetapan hari sidang isbat sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah.
“Karenanya, sidang isbat awal Ramadhan ini digelar pada 29 Syakban yang bertepatan 12 April 2021,” ujar Kamaruddin.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemenag juga turut mengundang pimpinan MUI, NU dan ormas Islam lainnya dan juga Komisi VIII DPR dalam sidang isbat ini. Sebanyak 29 duta besar negara sahabat juga diundang dalam sidang ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru