Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

PBNU Umumkan 13 April 2021 Awal Puasa Ramadan

HOLOPIS.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengumumkan, bahwa berdasarkan pantauan hilal yang telah dilakukan pihaknya, maka ditetapkan jika tanggal 13 April 2021 adalah awal bulan suci Ramadan.
“Awal bulan Ramadan 1442 H jatuh pada hari Selasa tanggal 13 April 2021 M,” tulis surat resmi yang ditandatanganinya, Senin (12/4/2021).
Kiai Said pun mengucapkan atasnama PBNU, selamat menjalankan ibadah puasa.
“Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1442 H dengan penuh keimanan dan keyakinan,” ucapnya.
Selain itu, kiai Said Aqil pun mengimbau khususnya kepada warga Nahdliyyin untuk meningkatkan kualitas ibadah dan menjalankan amaliyah sunnah untuk mengisi bulan suci umat Islam tersebut.
“Meningkatkan ketaqwaan, memperbanyak membaca Alquran, dzikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat,” tuturnya.
Terakhir, PBNU juga mengimbau kepada warga Nahdliyyin dan umat Islam pada umumnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sepanjang bulan suci Ramadan.
“Selama pandemi Covid-19 ini, agar mematuhi instruksi/imbauan PBNU dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah masing-masing,” pungkasnya.

PBNU
Pengumuman Ramadan 1442 H oleh PBNU.

(MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru