Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Menag Yaqut Pimpin Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 2021

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin sidang isbat untuk penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah. Sidang tersebut disiarkan langsung dari ruang Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH. Thamrin No.6, Jakarta Pusat.
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Moh Agus Salim mengatakan, sidang isbat penentuan awal puasa dipimpin langsung oleh Menag.
“Ruang sidang sudah disemprot disinfektan, dan sudah ditata agar tidak menimbulkan kerumunan,” kata Agus, Senin (12/4).
Saat ini, kata Agus, isbat penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah menunggu hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain setempat.
“Kemudian hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1442 Hijriah akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 2021,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru