Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizJokowi Bentuk Kementerian Investasi, Pernah Dibuat di Era Presiden Soeharto

Jokowi Bentuk Kementerian Investasi, Pernah Dibuat di Era Presiden Soeharto

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Jokowi akan membentuk kementerian baru di pemerintahannya, yakni Kementerian Investasi. Nantinya, kementerian tersebut akan menggantikan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Jokowi telah berkirim surat ke DPR Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian. Hal itu pun telah dibahas di sidang paripurna DPR dan mendapat persetujuan dari para anggota dewan.
Institusi tersebut sebenarnya bukan pertama kali, sebelumnya pernah dibentuk Presiden ke-2 RI Soeharto, pada masa Kabinet Pembangunan VI tahun 1993. Saat itu, kementerian digabung dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Pemerintah sebenarnya telah memiliki kementerian yang mengurusi investasi, yakni Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan. Namun demikian, kementerian Luhut itu dipastikan tak akan mengalami perubahan.
Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan, tak ada perubahan atau peleburan di Kemenko Marves. Menko Luhut juga akan tetap mengurusi investasi, meskipun nantinya ada Kementerian Investasi.
“Iya rencananya seperti itu (tak ada peleburan di Kemenko Marves),” ujar Jodi, Sabtu (10/4).
Dia melanjutkan, nantinya Kemenko Marves dan Kementerian Investasi juga akan bekerja sama mengurus dan mendorong investasi di Tanah Air. Menurut Jodi, BKPM yang akan menjadi Kementerian Investasi.
“Rencananya BKPM akan menjadi Kementerian Investasi ini, untuk detailnya silakan cek ke BKPM,” katanya. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.

Komisi I Anggap Pemerintah Kurang Serius Jaga Keamanan Data

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta memberikan respons menohok kepada pemerintah atas adanya kasus kebocoran data kembali yang melanda Indonesia. Kali ini kasus itu dialami oleh Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.