Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

7 Tradisi Paskah di Dunia

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Paskah merupakan hari raya umat Kristen yang biasa dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus. Perayaan paskah sendiri dilakukan pada Minggu pertama setelah bulan purnama sesudah titik balik musim semi.
Tiap negara bahkan memiliki tradisi paskah yang berbeda-beda, ini dia beberapa tradisi paskah diseluruh dunia.
1. Bermuda

paskah di bermuda , easter bermuda
foto bermuda sun

Perayaan paskah di Bermuda, Britania Raya terlihat begitu menyenangkan. Perayaan dimulai hari Jumat dengan Good Friday KiteFest, mereka yang ingin merayakan bisa memamerkan dan menerbangkan layang-layang buatan mereka. Lalu bersantai dipinggir pantai dengan bermain kelereng, dan memakan Hot Cross Buns serta Codfish Cakes dan masih banyak lagi. Wah.. jadi serasa liburan yaa..
2. San Pedro, Filipina
paskah filipina , philippine easter
foto CNN

Warga di Filipina memperingati wafatnya Yesus Kristus dengan cara yang berbeda, sekitar puluhan orang siap untuk dipaku pada kayu berbentuk salib , sebagai bentuk penebusan dosa dengan melakukan napak tilas apa yang terjadi terhadap Yesus Kristus , acara yang berlangsung di beberapa Provinsi di Filipina dipadati oleh pengunjung dan wisatawan yang ini menyaksikan ritual Jumat Suci.
3. Yerusalem, Israel
paskah yerusalem , jerusalem easter
foto traveljerusalem

Bertempat di kota yang diyakini Yesus disalib, umat Kristiani merayakan Jumat Agung dengan berjalan di jalan yang sama saat Yesus disalib, menurut Tourist Israel, sebuah perusahaan pariwisata. Beberapa dari mereka yang berpartisipasi memikul salib untuk mengenang Yesus. Lalu pada Minggu Paskah, banyak peziarah menghadiri kebaktian gereja di Garden Tomb area tempat Yesus dikubur.
4. Washington DC, Amerika
paskah amerika , US easter , e
WELLINGTON, FL – APRIL 20: A general view of atmosphere of Easter Egg Hunt at USPA Maserati U.S. Open Polo Championship at International Polo Club Palm Beach on April 20, 2014 in Wellington, Florida. (Photo by Gustavo Caballero/Getty Images for Maserati)

Selama lebih dari 130 tahun, Gedung Putih telah menyelenggarakan Easter Egg Roll di South Lawn-nya. Kegiatan utamanya adalah menggulung telur rebus berwarna dengan sendok saji besar, tetapi sekarang acara tersebut menawarkan lebih banyak hiburan, seperti grup musik, berburu telur, olahraga dan kerajinan tangan.
5. Meksiko
paskah meksiko , mexico easter
foto journeymexico

Perayaan Paskah di Meksiko berbeda-beda menurut wilayah selama rentang dua minggu, yaitu pad minggu menjelang Paskah dan minggu setelahnya. Di wilayah Taxco, ada peragaan fisik Pekan Suci. Menurut Journey Mexico, tradisi Meksiko lainnya adalah Burning of the Judases (Pembakaran Para Judas) di mana masyarakat membuat Papier-mâché Judases, atau raksasa yang diledakan dengan kembang api. Di sisi lain, menurut The Culture Trip mengatakan bahwa beberapa daerah lebih memilih perayaan yang lebih sederhana, seperti prosesi diam-diam di kota atau mengunjungi 12 gereja dalam 12 hari.
6. Vatikan
paskah vatikan, easter vatikan
foto The New York Times

Dikutip dari BBC, pada Jumat Agung, Paus memperingati Jalan Salib, dimulai di Colosseum. Orang-orang yang menghadiri prosesi memegang lilin dan berjalan di sekitar amfiteater dan naik ke Palatine Hill, berhenti 14 kali di sepanjang jalan untuk mewakili 15 Stations of the Cross.
Misa dirayakan pada malam Sabtu Suci, dan pada Minggu Paskah, ribuan pengunjung berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk menunggu berkat Paus dari balkon gereja, yang dikenal sebagai ‘Urbi et Orbi’ (Ke Kota dan Dunia).
7. Polandia
paskah polandia , poland easter , wet monday
foto chido fajny

Dikutip dari Culture.pl, menyiram air satu sama lain adalah tradisi Paskah di Polandia yang disebut Senin Basah. Pada Senin Basah ini orang-orang mencoba membasahi satu sama lain dengan ember berisi air, pistol semprot, atau apa pun yang bisa dapat membasahi mereka. Legenda mengatakan, gadis-gadis yang basah kuyup pada hari Senin Basah akan menikah dalam tahun ini. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru