Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Resmikan Tol JORR II Serpong - Cinere

Jokowi Resmikan Tol JORR II Serpong – Cinere

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I Ruas Serpong-Pamulang pada Kamis (1/4). Tol itu dibangun sepanjang 6,5 kilometer. Selain itu Jokowi juga meresmikan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 km. Kedua tol meupakan bagian dari jaringan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II).
“Pada pagi hari ini Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran telah selesai dan siap digunakan,” kata Jokowi dalam acara peresmian tol, Kamis (1/4).
Menurut Jokowi, kedua tol itu akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek. Makanya, ruas tol tersebut bisa menjadi alternatif bagi masyarakat, khususnya mereka yang bermukim di Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta.
“Jalan tol ini akan melancarkan mobilitas, memecahkan kemacetan, dan melancarkan mobilitas commuter baik Jakarta dan kota-kota lain sekitar Jakarta, serta melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan yang dilalui jalan tol,” kata Jokowi.
Dengan kelancaran mobilitas tersebut, Jokowi mengklaim ruas Tol Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran akan menghemat waktu tempuh perjalanan. Selain itu, biaya logistik juga berpotensi turun.
“Saya minta pemerintah daerah jadikan infrastruktur ini sebagai sebuah keunggulan dan modal penting menarik investasi. Lebih banyak investasi datang dan akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” jelas Jokowi.
Sebagai informasi, ruas Tol Serpong-Cinere terdiri dari dua seksi. Untuk seksi II akan menghubungkan Pamulang-Cinere dan saat ini prosesnya masih 86 persen.
Seksi II Pamulang-Cinere nantinya akan tersambung ke ruas tol Cinere-Jagorawi dan tol Depok-Antasari. Pengusahaan ruas tol ini akan dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp2,1 triliun.
Sementara, Pembangunan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran terbagi menjadi empat seksi, yaitu seksi I Kunciran-Tirtayasa sepanjang 2,04 km, seksi II Tirtayasa-Benteng Betawi sepanjang 3,52 km. Kemudian, seksi III Benteng Betawi-H Sastranegara sepanjang 6,57 km dan yang seksi IV H Sastranegara-SS Benda sepanjang 2,06 km.
Proses konstruksi ruas tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran saat ini sudah 94,08 persen. Ruas tersebut akan dikelola oleh PT Jasa Marga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya konstruksi Rp1,96 triliun.
Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran nantinya akan dilengkapi lima gerbang tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 simpang susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.(Tri)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=qfZQ0MCqXZE

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...