Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Studi: Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Depresi

JAKARTA,HOLOPIS.COM- Sudahkah Anda tidur cukup? Studi terbaru menunjukkan, kebiasaan tidur yang buruk memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental. Penelitian dari University of Michigan mendapati, kurang tidur dapat meningkatkan risiko depresi.
Studi ini dilakukan terhadap 2.115 dokter yang sedang menempuh pendidikan spesialis. Peneliti menganalisis kebiasaan tidur partisipan dua minggu sebelum pendidikan dan satu tahun selama pendidikan yang memiliki jadwal tidur dan kerja yang tidak teratur.
Partisipan juga diminta mengisi kuesioner terkait suasana hati mereka.
Hasilnya, kurang tidur dan waktu tidur yang berantakan meningkatkan risiko depresi.
Studi tersebut juga menemukan bahwa jadwal tidur yang tidak teratur memiliki efek jangka pendek berupa suasana hati yang buruk keesokan harinya.
Orang dengan jadwal tidur yang berubah-ubah sepanjang minggu mendapatkan skor depresi dan suasana hati yang lebih buruk.
Untuk mencegah depresi dan meningkatkan suasana hati, peneliti menyimpulkan untuk tidur yang cukup dengan jadwal yang teratur.
“Konsistensi tidur, bersama dengan durasi tidur, menjanjikan peningkatan kesehatan mental,” tulis peneliti, dikutip dari Metro UK.
Coba-lah untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur 7-9 jam setiap hari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru