Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Polisi Sebut Pelaku Ingin Masuk ke Katedral Tapi Dicegat Petugas

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Polisi mengungkapkan dua terduga pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makasar sempat hendak memasuki pelataran atau halaman gereja pada Minggu (28/3) pagi.
Namun menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono, dua terduga pelaku itu mendapat pengadangan dari petugas sekuriti gereja. Saat itu, kata dia, jemaat gereja tengah ramai melaksanakan ibadah misa.
“Pada awalnya memang pelaku yang diduga menggunakan roda dua ini dia akan memasuki pelataran gereja yang kebetulan bahwa jam tersebut sudah selesai daripada kegiatan misa dan mungkin melihat banyak yang keluar,” terang Argo dalam keterangan pers di Mabes Polri, Minggu (28/3).
“Saat ini tidak full (jemaat) karena sesuai protokol kesehatan, tentunya dari dua orang tadi dicegat oleh sekuriti gereja dan terjadi ledakan itu,” lanjut dia lagi.
Argo menuturkan ada 14 korban yang terluka akibat serpihan material bom. Luka di antaranya mengenai wajah, leher, hingga kaki para korban. Adapun korban bom tersebut sedang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit.

ledakan di gereja katedral makassar 1 169 1
Seorang saksi yang tengah melintas di lokasi kejadian ledakan bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar mengaku melihat ada potongan tubuh. (Ibnu Munsir/detikcom).

Dia pun menambahkan polisi masih menyelidiki lebih lanjut terkait peristiwa tersebut. Termasuk terhadap dugaan keterkaitan terduga pelaku dengan jaringan terorisme.
“Setelah kita dapat hasil olah TKP, kemudian kita ketahui sumber ledakan, apa itu berapa satu bom, apa itu high explosive atau low explosive, itu bagian penyelidikan Densus. Nanti kita bisa ketahui jaringan mana. Mohon bersabar untuk jaringan apa sedang kita lakukan penyelidikan,” ungkap Argo.
Sebuah ledakan bom terjadi di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3) pagi sekitar pukul 10.28 WITA. Berdasarkan informasi polisi, saat kejadian ada dua orang berboncengan menggunakan sepeda motor sebelum kemudian bom meledak di depan pintu gerbang gereja.
Saat ini sejumlah aparat keamanan berjaga dan menyisir titik-titik di lokasi kejadian. Sementara itu seluruh aktivitas misa dan kegiatan lain di gereja dihentikan.(Tri)
 
 
 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ada Aroma Adu Domba Prabowo dan Gibran, Mulai Fufufafa Hingga Private Jet

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid menduga ada operasi yang tengah dijalankan oleh kelompok tertentu yang bertujuan untuk mengganggu agenda nasional, khususnya menjalang transisi kepemimpinan Jokowi ke Prabowo.

Menteri Agama Gus Yaqut Bahas Anggaran 2025 dengan Komisi VIII

Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI mengadakan rapat kerja untuk membahas penyesuaian anggaran 2025. Rapat berlangsung di Gedung Parlemen DPR RI, Jakarta Pusat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru