Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Efektifitas Rapid Test Antigen COVID-19 Diprediksi Berkurang

JAKARTA,HOLOPIS.COM- Rapid test antigen belakangan banyak dipilih masyarakat, selain sekedar mendeteksi virus, juga untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan. Karena ini, beberapa pihak memprediksi bahwa akurasi test antigen akan berkurang di masa depan seiring dengan berjalannya tahap-tahap vaksinasi.
Rapid test antigen memang akurat untuk mendeteksi covid-19, terlebih jika dibandingkan dengan flu, dikarenakan viral loads covid-19 di pernapasan jumlahnya lebih banyak.
Tetapi hal itu akan berubah. Akan banyak bisnis-bisnis tes covid-19 akan meluncurkan tes-tes yang lebih akurat lagi.
Sebagai salah satu produsen rapid test antigen, Kepala bidang diagnostik Roche, Thomas Schinecker mengatakan, ini karena akan semakin banyak orang dengan viral load atau jumlah virus yang sedikit di saluran pernapasannya. Sementara alat rapid test antigen bekerja mendeteksi kasus dengan baik ketika viral load tinggi.
“Jika anda mengambil contoh pada flu, rapid tes antigen bukanlah pilihan karena viral load flu tidak begitu tinggi dan anda akan sulit mendeteksinya karena akan mendapatkan hasil yang tidak akurat. Ketika orang divaksin, test antigen akan semakin tidak akurat karena alasan itu” tambahnya dilansir dari Reuters.
Thomas juga mengatakan di masa yang akan datang, diagnosis COVID-19 kemungkinan akan lebih condong pada pemeriksaan molekuler, seperti tes PCR.
Saat pandemic berakhir, virus corona yang baru akan tetap ada di tahun-tahun berikutnya. Thomas Schinecker memprediksi, tes PCR covid-19 akan menjadi lebih besar dari test-test flu biasa setiap tahunnya. (Bre)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru