Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Bela Putin, Erdogan Kecam Pernyataan Biden

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menyebut bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin adalah pembunuh.
“Komentar Biden tentang Putin tidak lazim untuk seorang kepala negara,” kata Erdogan, dilansir Aljazirah, Sabtu (20/3/2021).
Sebelumnya, dalam wawancara dengan ABC News, Biden mengatakan, Putin akan menghadapi konsekuensi karena mengerahkan upaya untuk intervensi pemilihan presiden AS pada November 2020. Berdasarkan laporan intelijen AS, Presiden Putin adalah tokoh yang bertanggung jawab di balik intervensi untuk membantu Donald Trump dalam pemilihan presiden November lalu. Meskipun tidak ada bukti dari laporan itu.
Selain masalah pemilu AS, Putin juga tengah berada dalam tekanan terkait peracunan dan pemenjaraan kritikus Kremlin Alexei Navalny. Dia ditahan ketika tiba di Moskow pada Januari lalu, setelah melakukan perawatan medis dan pemulihan di Jerman usai diracun dengan zat saraf Novichok.
Banyak pihak menduga Navalny diracun oleh agen Rusia atas perintah Putin. Terkait kasus ini, AS menjatuhkan sejumlah sanksi terhadap Rusia.
Menanggapi pernyataan itu dan untuk mencegah rusaknya hubungan kedua negara lebih jauh, Putin mengajak Biden untuk bicara empat mata dan disiarkan secara langsung ke publik. Putin mengatakan, dia siap membahas hubungan Rusia dan AS serta masalah lain seperti konflik regional pada Jumat (19/3) atau Senin (22/3).
“Dia ingin pembicaraan ini disiarkan ke publik untuk membantu meredakan ketegangan atas pernyataan Biden yang sangat buruk,” kata Juru bicara Presiden Putin, Dmitry Peskov.
Peskov mengatakan, Gedung Putih belum memberikan tanggapan tentang tawaran panggilan telepon Putin. Menurut Peskov, sikap diam Gedung Putih berarti pertanda bahwa Biden menolak berbicara dengan Putin.
“Permintaan sudah dibuat. Tidak ada tanggapan berarti penolakan untuk berbicara,” kata Peskov.
 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru