Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Korut Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia

PYONGYANG, HOLOPIS.COM – Korea Utara (Korut) memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia. Tindakan ini diambil setelah pengadilan Malaysia memutuskan mengekstradisi seorang pria Korut ke Amerika Serikat (AS) atas tuduhan pencucian uang.
Media pemerintah Korut, KCNA, melaporkan, Kementerian Luar Negeri Korut juga memperingatkan AS bahwa mereka dapat menghadapi konsekuensi. Hingga berita ini diturunkan Kementerian Luar Negeri Malaysia belum memberikan komentar.
Pada awal Maret, pengadilan tinggi Malaysia memutuskan seorang pria asal Korut, Mun Chol-myong diekstradisi ke AS. Mun ditangkap pada 2019, setelah AS menuduhnya melakukan pencucian uang melalui sebuah perusahaan dan mengeluarkan dokumen palsu untuk mendukung pengiriman ilegal ke Korut. Dia menolak permintaan ekstradisi, dengan alasan itu bermotif politik.
“Ekstradisi adalah tindakan keji dan kejahatan berat yang tidak dapat diampuni. Otoritas Malaysia telah menawarkan warga negara kami sebagai korban dari tindakan permusuhan dengan AS, yang bertentangan dengan hukum internasional yang diakui,” ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Korut.
Kementerian Luar Negeri Korut menambahkan, tindakan Malaysia telah menghancurkan seluruh fondasi hubungan bilateral yang didasarkan pada penghormatan terhadap kedaulatan. Hubungan dekat antara Kuala Lumpur dan Pyongyang merenggang setelah saudara laki-laki Pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Jong-nam dibunuh di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017.
Kim Jong-nam dibunuh dengan menggunakan agen saraf VX, yang masuk ke dalam kategori sebagai senjata pembunuh massal. Malaysia menangguhkan operasi kedutaannya pada 2017.
Penangguhan itu dilakukan setelah Malaysia mengamankan pemulangan sembilan warga negaranya yang ditahan di Pyongyang, dengan imbalan pemberian jenazah Kim Jong-nam. Korut menggunakan Malaysia sebagai pusat operasi ekspor senjatanya, dan sebagai tempat untuk menyiapkan entitas bisnis yang menyalurkan uang kepada kepemimpinan Korut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru