Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Bandara YIA Uji Coba Penggunaan GeNose C-19

YOGYAKARTA, HOLOPIS.COM – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), melakukan uji coba atau simulasi penggunaan GeNose C-19, Kamis (18/3/2021). Simulasi ini tidak melibatkan penumpang.
“Simulasi penggunaan GeNose hanya melibatkan komunitas bandara seperti pegawai maskapai, pegawai bandara, dan pegawai ground handling,” kata Pelaksana tugas General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, dalam keterangannya.
Simulasi ini menggunakan fasilitas dan peralatan yang disediakan yaitu 3 unit mesin GeNose, 300 kantong GeNose, 5 bilik pemeriksaan, ruang isolasi, 2 bilik pengambilan hasil, sejumlah tenaga medis, sejumlah tenaga administrasi, dan petugas umum yang bertugas mengatur antrean.
Area simulasi GeNose terletak di lantai mezzanine area keberangkatan YIA di mana area tersebut sama dengan area pemeriksaan tes swab Antigen.
“Simulasi GeNose C-19 hari ini di YIA berjalan lancar dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan,” ujar Pandu.
Pandu mengatakan simulasi GeNose tetap akan dievaluasi secara internal dan dilaporkan ke Kementerian Perhubungan. PT Angkasa Pura I, dia menambahkan, memperkirakan GeNose C-19 dapat resmi digunakan di bandara mulai April atau Mei mendatang.
Nantinya, ketika sudah resmi dapat digunakan di bandara, untuk melakukan pemeriksaan GeNose C-19 di bandara, terdapat beberapa syarat dan prosedur bagi calon penumpang. Antara lain calon penumpang telah memiliki tiket penerbangan, dalam kondisi sehat, serta dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum pemeriksaan.
Calon penumpang harus mendaftar dan membayar sesuai nomor urut di tempat yang telah disediakan. Petugas lalu memberikan kantong GeNose C-19 pada calon penumpang setelah proses pembayaran.
Calon penumpang disarankan untuk melakukan pemeriksaan GeNose C-19 H-1 sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukkan, atau kepadatan antrean atau selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan. Hal ini karena, setelah dilakukan simulasi, waktu layanan pemeriksaan GeNose C-19 yang dibutuhkan calon penumpang sejak pendaftaran hingga menerima hasil berkisar 20 hingga 30 menit.
“Nantinya, waktu operasional layanan GeNose C-19 di 15 bandara menyesuaikan dengan waktu operasi layanan swab antigen dan PCR di bandara Angkasa Pura I,” pungkas Pandu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru