Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsMenhan Prabowo Yakin Kelak Anak Bangsa Mampu Membuat Kapal Selam Tanpa Campur...

Menhan Prabowo Yakin Kelak Anak Bangsa Mampu Membuat Kapal Selam Tanpa Campur Tangan Asing

SURABAYA,HOLOPIS.COM- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto optimis bahwa kelak anak bangsa Indonesia mempunyai kemampuan mumpuni untuk membuat kapal selam mereka sendiri.
Hal tersebut dikatakan Prabowo Subiyanto saat menghadiri acara Serah Terima Kapal Selam ke-3 KRI Alugoro-405, yang diserahterimakan dari PT. PAL kepada Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subiyanto, bertempat di Galangan DSME – Okpo Korea Selatan dan PT PAL Indonesia, Surabaya.
“Saya bangga terhadap Prajurit TNI khususnya Angkatan Laut. Saya yakin suatu saat nanti Kapal Selam dari planning atau perencanaan, merakit sampai menjadi Kapal Selam benar-benar hasil karya anak bangsa Indonesia tanpa campur tangan dari negara asing,” kata Prabowo, Rabu (17/3).
Serah terima tersebut juga dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Ketua Komisi 1 DPR RI Ibu Meutya Viada Hafid, Katimlak KKIP Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Kementerian BUMN Carlo Tewu dan PLT Direktur Utama PT PAL Indonesia Persero Etty Soewardani.
Kapal Selam KRI Alugoro di Galangan DSME – Okpo Korea Selatan dan PT PAL Indonesia merupakan kerja sama antara Korea Selatan dan Indonesia pada tanggal 26 Desember 2014 lalu dan peletakan lunas pada tanggal 30 Mei 2016. Pengiriman section dari Korea Selatan ke Indonesia pada tanggal 19 Maret – 25 Mei 2017 dan pemberian nama ALUGORO pada tanggal 11 April 2019 dan penyerahan kepada Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 17 Maret 2021.
Nama Alugoro diambil dari salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki oleh Prabu Baladewa yang merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas dan jujur. Sebelum nama Alugoro juga pernah digunakan sebagai nama Kapal Selam yang didatangkan dari Uni Sovyet yaitu RI Alugoro-406 yang merupakan bagian dari paket pengiriman 12 Kapal Selam Whiskey Class. (Teg)

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Polda Metro Sudah Tahu Aliran Dana Miliaran Rupiah ke Firli Bahuri

Polda Metro Jaya santai menanggapi keterangan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo perihal adanya aliran dana Rp 1,3 miliar kepada Firli Bahuri.

Firli Bahuri Sebut SYL Bohong soal Terima Rp1,3 Miliar

Mantan Ketua KPK Firli Bahuri meradang dengan tuduhan Syahrul Yasin Limpo mengenai adanya penyerahan uang sebesar Rp 1,3 miliar.

Yasonna Loly Ngaku Takut Ngumpetin Harun Masiku

Menkumham Yasonna H Laoly mengklaim dirinya tidak terlibat dalam upaya pelarian kader PDIP Harun Masiku.

Tindaklanjuti Putusan PT Jakarta, Gazalba Saleh Kembali Dijebloskan KPK ke Bui ? 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menindaklanjuti putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang membatalkan putusan sela majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta yang membebaskan Gazalba Saleh.

KPK Minta 3 Orang Dicegah Keluar Negeri Gegara Terseret Kasus Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Direktorat Jenderal Imigrasi mencegah tiga orang bepergian ke luar negeri. Ketiga pihak yang dicegah terdiri dari ; seorang orang dokter dan dua pihak swasta.

Hotman Sebut Banyak Masyarakat Khawatir Data Perbankan Kena Dampak Ransomware PDNS

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea mengaku mendapatkan pertanyaan banyak dari masyarakat pasca insiden Pusat Data Nasional Sementara yang diserang oleh peretas...

HOLOPIS FEEDS